Diketahui dalam dunia ekspedisi terdapat 3 jalur pengiriman yaitu darat, laut, udara. Jika pengiriman ingin murah tentu bisa menggunakan jalur darat dan jika mengharapkan pengiriman cepat tentu pilihlah jalur udara. Nah lalu bagaimana pengiriman via Laut? Untuk pengiriman via laut adalah opsi penengah dari keduanya dari segi tarif dan estimasi pengiriman.

Akan tetapi untuk pilihan pengiriman via laut mempunyai armada yang berbeda-beda yaitu Kapal roro, Kapal Cargo, Kapal Cepat Pelni. Kapal Roro pada umumnya dikhususkan untuk pengiriman unit kendaraan seperti mobil, Kapal Cargo khusus barang, dan Kapal Pelni sebetulnya khusus untuk penumpang akan tetapi memiliki space untuk pengiriman barang juga.

“Kenapa kirim barang via kapal pelni lebih cepat sampai dibanding kapal cargo bedanya apa sih?”

Pertanyaan berikut sering sekali customer Cargonesia tanyakan, mari kita bahas. Berikut alasan kenapa kapal pelni lebih cepat dibanding kapal cargo :

  1. Dari segi biaya atau tarif pengiriman tentulah sangat berbeda yang mana tarif kirim barang via kapal cepat pelni lebih mahal dibanding kapal cargo.
  2. Jadwal Kapal pelni lebih pasti dan sering karena pada fungsi utamanya yaitu kapal penumpang jadi tanpa muatan penuh pun kapal pasti berangkat sesuai jadwal pemberangkatan, sedangkan kapal cargo meskipun jadwalnya jelas terkadang apabila muatan belum memenuhi target atau kurang maka akan menunggu mauatan terlebih dahulu.
  3. Kapal Pelni memiliki space muatan barang yang tidak besar jadi untuk bongkar muat barang memerlukan waktu relatif cepat kurang lebih 1 hari sebelum dooring ke tujuan, sedangkan kapal cargo pada fungsinya memang khusus barang dan pastinya untuk bongkar muat barang akan lebih lama dibanding pelni dengan estimasi waktu bongkar muat kuranng lebih 3 hari.

“Lalu bagaimana saya bisa mengecek jadwal kapal pelni?”

Pada dasarnya anda bisa mengecek langsung pada situs resmi Pelni di www.pelni.co.id, setelah itu anda bisa masukan kota asal dan kota tujuan lalu jadwal pemberangkatan kapal akan muncul beserta rute dan nama kapalnya. Akan tetapi jika anda ingin mengirim barang tentu anda sebelumnya harus komunikasi dengan tim Cargonesia dikarenakan barang harus ada di Gudang Cargonesia maksimal H-2 sebelum jadwal kapal berangkat.

“Jadi enakan pake kapal cepat pelni atau kapal cargo?

Pertanyaan berikut kembali kepada barang kiriman dan budget, jika memang mencari cepat dikarenakan barang kiriman sifatnya urgent seperti dibutuhkan untuk proyek maka sangat dianjurkan menggunakan kapal pelni akan tetapi untuk kapal Pelni hanya tersedia untuk pengiriman ke Sumatera (hanya batam), Sulawesi, Papua, Maluku, Dan Nusa Tenggara, atau jika memang ingin menghemat budget dikarenakan barang kiriman tidak urgent maka bisa menggunakan kapal cargo.

NIKMATI JUGA FASILITAS TERBAIK DARI KAMI :

✅Free Pickup Untuk Daerah DKI Jakarta
✅Door to Door Service
✅Penawaran Asuransi Pengiriman
✅Invoice
✅Bukti Data Timbangan Barang
✅Gudang Besar dan Mudah Diakses
✅Parkir Luas
✅Packing (Diluar Biaya Pengiriman)

DAPATKAN PENAWARAN TERBAIK LAINNYA

Hubungi Kami Segera!

Butuh Bantuan? Kami Siap Membantu Anda

Ajat

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Ambar

Hai, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Dirman

53Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00