Secara spesifik definisi cargo adalah semua jenis barang yang dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain melalui pengiriman udara atau cargo udara, via laut atau cargo laut, dan via darat atau cargo darat/cargo container.

Aktivitas pengiriman cargo biasanya berkaitan dengan perdagangan yang melibatkan pengirim dan penerima baik antar kota, antar provinsi, antar pulau dan antar negara. Selanjutnya untuk pengiriman cargo antar negara sering disebut eksport / Import.

Semua jenis barang yang dikirimkan melalui jalur masing-masing disebut cargo, kecuali bagasi penumpang dan benda-benda pos. Semua jenis cargo mencakup semua barang yang diperdagangkan termasuk barang untuk keperluan non komersial.

Terlepas apapun jenisnya, berapapun berat atau volumenya, setiap pengiriman cargo dilengkapi dokumen tanda pengangkutan atau istilah untuk pengiriman internasional melalui jalur udara disebut Air Way Bill (AWB).

Ini yang wajib diperhatikan oleh setiap jasa cargo Indonesia bahwa setiap pengirim entah itu perseorangan atau atas nama perusahaan wajib menerima dokumen pengangkutan sah yang diterbitkan oleh jasa cargo yang bersangkutan. Ini mutlak berlaku baik untuk pengiriman cargo udara, cargo laut, dan cargo darat.

Cargo Bandara Itu Apa?

Cargo bandara atau cargo yang dikirimkan melalui jalur udara menggunakan pesawat terbang mungkin jenis pengiriman yang belum begitu dipahami oleh sebagian orang. Hal ini mungkin mereka terbiasa mendistribusikan cargo untuk cakupan pengiriman domestic cukup dengan menggunakan cargo laut atau cargo darat.

Karena lebih unggul dalam hal kecepatan pengiriman maka cargo bandara atau cargo udara juga sering disebut cargo express. Meskipun dari segi biaya lebih mahal namun pengiriman jenis ini hanya memakan waktu beberapa jam. Dengan demikian sebanding dengan biaya yang harus dibayarkan.

Cargo bandara adalah semua jenis barang yang dikirimkan via jalur udara dengan armada pesawat terbang non penumpang. Adapun pengiriman cargo bandara sendiri bisa langsung melalui maskapai penerbangan yang dipilih atau melalui agen cargo (disebut freight forwarder). Jika cargo dalam kemasan yang dikirimkan melalui laut disebut container, maka kemasan yang dikirim melalui jalur udara ini disebut dengan pallet.

Perkembangan cargo semakin meningkat dari waktu ke waktu, tak terkecuali cargo udara. Untuk cargo Jakarta sendiri ada deretan nama-nama perusahaan jasa cargo kelas nasional saat ini. Sebut saja Cargonesia Express, TiKi, JNE, Megacitra, dan masih banyak lagi. Sementara untuk cargo bandara kelas dunia ada nama-nama populer seperti DHL, Federal Express, dan UPS. Sedangkan beberapa maskapai penerbangan yang memiliki usaha cargo diantaranya ada Garuda Airways dan Singapore Arlines.

Perbedaan Passenger Aircraft dan Cargo Aircraft

Perlu diketahui bahwa maskapai penerbangan umumnya dibagi menjadi 2 bagian utama. Yang pertama Passenger Aircraft yaitu penerbangan khusus untuk penumpang, dimana pesawat hanya digunakan khusus mengangkut penumpang, bagasi (barang bawaan penumpang dengan batasan jumlah dan berat tertentu), serta surat-surat dan dokumen.

Sedangkan yang kedua adalah Cargo Aircraft yatu penerbangan khusus cargo dimana pesawat hanya digunakan untuk mengangkut kiriman cargo saja.

Adapun jenis dokumen pengangkutan yang digunakan untuk cargo udara dibagi menjadi 2 jenis yaitu Surat Muatan Udara (SMU) dan Air Way Bill (AWB). Perbedaannya, SMU digunakan sebagai dokumen  pengangkutan khusus untuk penerbangan domestic, sementara AWB digunakan khusus untuk penerbangan internasional.

Bagi Anda yang ingin mengirimkan barang melalu cargo udara bisa menghubungi langsung ke maskapai penerbangan yang Anda inginkan. Namun untuk cargo udara khusus pengiriman domestic Anda bisa menggunakan layanan jasa Cargonesia Express.

Cargonesia Express adalah freight forwarder pengiriman cargo udara dengan biaya terjangkau. Cargonesia telah bekerjasama dengan seluruh perusahaan penerbangan di Indonesia sehingga memiliki cakupan pengiriman terluas meliputi seluruh bandara di Indonesia.

NIKMATI JUGA FASILITAS TERBAIK DARI KAMI :

 

✅Free Pickup Untuk Daerah DKI Jakarta
✅Door to Door Service
✅Penawaran Asuransi Pengiriman
✅Invoice
✅Bukti Data Timbangan Barang
✅Gudang Besar dan Mudah Diakses
✅Parkir Luas
✅Packing (Diluar Biaya Pengiriman)

 

DAPATKAN PENAWARAN TERBAIK LAINNYA

Hubungi Kami Segera!

Butuh Bantuan? Kami Siap Membantu Anda

Bella Aulia

Hallo, Bisa Saya Bantu? 00.00

Ajat

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Ambar

Hai, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Dirman

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00