Jasa Cargo Darat, Solusi Terbaik Pengiriman Domestik

Jasa Cargo Darat – Cargo darat adalah sistem pengiriman barang yang dilakukan oleh jasa ekspedisi melalui jalur darat. Karena menggunakan jalur darat maka cargo darat hanya bisa dilakukan menggunakan truk atau alat transportasi lain yang dioperasikan di jalan raya.

Berbeda dari cargo laut maupun cargo udara, cargo darat umumnya memiliki jangkauan atau jarak pengiriman yang terbatas. Oleh karena itu jasa cargo darat biasanya hanya digunakan untuk pengiriman antar kota atau antar provinsi yang tidak dipisahkan oleh laut. Mengingat mayoritas hanya pengiriman jarak dekat maka tarif cargo darat umumnya lebih murah dibanding tarif pengiriman lainnya.

Jasa Ekspedisi Paling Praktis

Bisa dibilang jasa cargo darat merupakan jasa ekspedisi paling praktis. Mengapa bisa demikian? Karena selain harganya murah, barang yang dikirimkan biasanya sampai di alamat tujuan lebih cepat. Meskipun begitu tarif pengiriman dan estimasi waktu yang dibutuhkan tergantung dari kebijakan dari jasa ekspedisi yang bersangkutan.

Selain diklaim sebagai jasa ekspedisi murah, jasa cargo via jalur darat sangat cocok untuk pengiriman barang yang sifatnya santai. Artinya tidak dikejar deadline atau batas waktu tertentu. Hal inilah yang mempengaruhi tarif pengiriman cargo darat lebih ekonomis dan terjangkau.

Jika kita lihat dari tahun ke tahun, perusahaan jasa pengiriman barang, terutama untuk jasa angkutan darat jumlahnya semakin meningkat pesat. Salah satu pemicunya yaitu karena harga pengiriman lebih terjangkau oleh masyarakat semua lapisan. Misalnya Cargo Jakarta, Jakarta yang merupakan sentra segala bisnis dan poros ekonomi tentu tidak sulit mencari jasa cargo darat baik yang masih pemula maupun perusahaan profesional yang sudah beroperasi selama puluhan tahun.

Dominasi Ekspedisi Trucking Cargo Darat

Meskipun jasa cargo darat menggunakan berbagai macam armada pengiriman, namun ekspedisi trucking masih mendominasi sebagai alat transportasi utama. Tanpa mengesampingkan jenis pick up dan sepeda motor, faktanya truk merupakan kendaraan pengiriman paling efisien dibanding jenis kendaraan lainnya.

Dikatakan efisien karena truk mampu menampung barang lebih banyak sehingga cocok untuk pengiriman barang dengan berat atau volume besar. Jadi secara garis besar, pengiriman barang menggunakan truk atau ekspedisi trucking tak hanya murah, namun juga lebih praktis karena mampu membawa barang dalam jumlah banyak untuk sekali angkut.

Jika diperhatikan lebih seksama memang terdapat kelebihan yang cukup signifikan jika menggunakan jasa ekspedisi trucking. Hampir semua pengiriman barang melalui jalur darat dilengkapi sistem managemen armada dan GPS, termasuk salah satunya ekspedisi trucking. Ini menjadi kelebihan pengiriman cargo darat karena barang yang dikirimkan hampir pasti sampai tujuan tepat waktu sesuai yang diperkirakan.

Adapun ekspedisi trucking yang merupakan bagian dari jasa cargo darat ini terdiri Less Truck Load (LTL) serta Full Truck Load (FTL) dimana pada umumnya barang yang dikirimkan minimal memiliki berat 10 kilogram. Dengan demikian sangat memungkinkan untuk pengiriman barang dengan berat tertentu (sedang), yang tidak selalu bersifat barang pabrikan dan berbentuk satuan.

Kelebihan Pengiriman Cargo Darat via Trucking

Secara umum pengiriman barang via trucking memakan waktu 3 – 7 hari. Namun estimasi waktu tersebut sifatnya tidak mutlak karena juga dipengaruhi oleh jarak tempuh dan lokasi tujuan. Dengan demikian durasi pengiriman ekspedisi trucking tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan jasa cargo yang digunakan.

Dilihat dari lama waktu yang mencapai 7 hari, maka ekspedisi cargo via trucking kurang cocok untuk pengiriman barang yang tidak tahan lama. Beberapa contohnya adalah makanan siap saji yang hanya bisa tahan selama beberapa jam, hewan yang berisiko mati, atau tanaman yang mudah layu. Barang-barang tersebut kualitasnya akan menurun karena pengiriman memakan waktu yang cukup lama.

Seperti yang dibahas sebelumnya, pengiriman barang melalui jalur darat atau trucking adalah pengiriman tujuan domestik. Adapun jenis armada truk yang digunakan perusahaan jasa cargo umumnya truk jenis Colt Diesel, Tronton, Double Decker, Tronton Built Up, Wing Box, Truck Fuso, Low Bed, dan beberapa lainnya.

Dilihat dari ketangguhan truk yang digunakan maka selama proses pengiriman, barang yang dikirim lebih terjamin keamanannya. Minimal risiko kerusakan barang yang mungkin terjadi akan berkurang. Jadi dapat disimpulkan pengiriman via trucking terbukti lebih terjamin sebab ditangani dengan pelayanan terbaik sehingga lebih aman dan sampai di tujuan lebih cepat.

Harga Pengiriman Cargo Darat

Sampai saat ini mayoritas customer lebih memilih jasa cargo darat karena harga paket pengiriman jauh lebih murah. Lebih murah dalam hal ini mengacu pada jumlah barang yang dikirimkan hampir tak terbatas. Artinya customer dapat mengirimkan barang dalam jumlah besar/banyak untuk sekali kirim. Dengan demikian selain lebih efisien juga lebih hemat biaya. Hal ini berbanding terbalik dengan jasa cargo udara yang membatasi jumlah atau berat/volumenya, selain biaya pengiriman yang jauh lebih mahal.

Pengiriman via trucking juga lebih mudah dipantau. Hanya dengan tracking (memasukkan nomor resi di website jasa cargo yang digunakan), customer dapat memantau posisi barang, apakah masih dalam proses atau sudah sampai di tujuan. Dengan demikian pihak pengirim dapat melakukan antisipasi potensi kerugian jika terjadi kemungkinan buruk, barang rusak, hilang, atau tidak sampai tujuan.

Harga pengiriman cargo darat via trucking memang lebih murah dan ditangani secara profesional. Namun begitu disarankan bagi customer untuk menggunakan asuransi. Meskipun dengan sedikit biaya tambahan namun barang kiriman yang mudah pecah atau rusak jauh lebih aman jika tercover asuransi.

Jasa Cargo Darat Ekspedisi Kereta Api

Ekspedisi kereta api merupakan bagian dari jasa cargo darat yang memiliki keunggulan tersendiri. Kereta api merupakan moda transportasi ekonomis, terutama untuk pengiriman barang jarak jauh. Selain itu alat transportasi ini cocok untuk pengangkutan komoditas bahan mentah volume besar, juga paling tepat untuk pengiriman produk akhir yang tidak sensitif terhadap waktu.

Dilihat dari sisi pengirim (shipper) kereta api merupakan pilihan ekspedisi angkutan barang terbaik. Kelebihan moda transportasi ini terletak pada harga dan waktu transit. Dalam hal ini harga pengiriman via kereta api lebih murah karena kapasitas angkut yang lebih besar. Jika dibandingkan dengan kapasitas truk maka gerbong barang kereta api memiliki kapasitas dua kali lebih besar. Dengan demikian biaya pengiriman bisa ditekan karena shipper dapat melakukan pengiriman dalam jumlah besar untuk sekali angkut.

Dibanding ekspedisi trucking, ekspedisi kereta api memiliki waktu tempuh (durasi pengiriman) yang lebih pasti. Hal ini karena volume kendaraan di jalan raya semakin padat, belum lagi kondisi infrastruktur jalan yang semakin buruk sehingga waktu tempuh pengiriman sulit diprediksi. Selain itu pengiriman cargo via kereta api juga lebih aman, bebas pungutan, dan bebas polusi.

Lantas apa kekurangan ekspedisi kereta api?

Jasa cargo darat via ekspedisi kereta api tak hanya memiliki banyak kelebihan namun terdapat beberapa kekurangan. Karena mudah dan murahnya jasa angkutan darat yang satu ini, permintaan angkutan kereta api semakin melonjak. Kondisi ini berdampak pada kualitas layanan jasa kereta api karena terbatasnya jumlah armada yang tidak sebanding dengan tingginya permintaan.

Selain itu jasa kereta api masih kurang fleksibel karena hanya bisa mengirimkan barang antar stasiun saja. Kondisi ini tentu saja berbeda dengan ekspedisi trucking yang lebih praktis karena melayani pengiriman dengan sistem door to door. Dengan demikian penggunaan ekspedisi kereta api masih membutuhkan moda transportasi lain, misalnya truk untuk mengangkut barang dari gudang shipper atau forwarder untuk mengirimkan barang ke gudang receiver. Otomatis keterlibatan moda transportasi lain juga mempengaruhi biaya pengiriman yang harus dikeluarkan.

Baik ekspedisi trucking maupun ekspedisi kereta api merupakan bagian jasa cargo darat dengan keunggulan dan kelemahan masing-masing. Dalam hal ini customer harus lebih jeli memilih mana moda transportasi yang paling efisien, hemat, dan sesuai kebutuhan.

 

Butuh Bantuan? Kami Siap Membantu Anda

Klik untuk memulai chat

Customer Service 1

Ajat

Online

Customer Support 2

Ambar

Online

Customer Service 3

Dirman

Online

Ajat

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Ambar

Hai, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Dirman

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00