Saat ini memang ada begitu banyak jasa ekspedisi murah Jakarta. Apalagi kota ini termasuk paling padat penduduk dan memiliki banyak sekali fasilitas. Tidak terlalu sulit menemukan perusahaan jasa pengiriman terbaik bahkan hampir di tiap daerah pasti ada. Beberapa nama yang sering kita gunakan diantaranya seperti JNE, TIKI, J&T ataupun Pos Indonesia. Akan tetapi jasa tersebut seringkali dipergunakan untuk mengirim barang yang sifatnya kecil dengan lingkup pengiriman lokal maupun antar pulau saja. Lalu bagaimana jika Anda mempunyai sebuah bisnis besar sehingga membutuhkan pengiriman khusus? Tentu saja harus mencari jasa dari perusahaan ekspedisi lain yang jauh lebih lengkap serta memang diperuntukkan bagi tujuan tertentu, misalnya saja mengangkut barang dalam jumlah besar, tujuan sampai luar negeri, dan terdapat macam-macam jenis armada.

Pengertian dari Jasa Ekspedisi

Meskipun ada banyak jasa ekspedisi di hampir seluruh wilayah Indonesia, khususnya Jakarta tetapi sebagian besar masyarakat masih belum menyadarinya. Mereka seringkali beranggapan jika model jasa seperti itu hanya untuk pabrik dan kantor tertentu saja ataupun macam peraturan lainnya. Selain itu ada pula yang tidak tahu jenis barang apa saja yang dapat dikirim, jenis armada, jalur pengiriman, cara perhitungan, dan lain sebagainya.

Berdasarkan pengertian umumnya, arti ekspedisi merupakan proses pengiriman barang dalam jumlah sedikit atau sifatnya reguler. Jika barang Anda banyak maka gunakan jenis pengiriman cargo dimana kapasitasnya begitu besar dalam satu kali angkut. Seringkali masyarakat salah dalam membedakan keduanya sehingga menimbulkan masalah dan merasa kesulitan.

Disamping itu terdapat dua macam ekspedisi diantaranya reguler dan khusus. Pada pengiriman reguler, level barangnya tergolong biasa dengan ukuran dan berat sedang, contohnya seperti barang pribadi, jualan, ataupun bisnis sekala kecil saja. Sementara itu ekspedisi khusus atau spesialis dimana merupakan proses distribusi barang dengan spesifikasi tertentu, misalnya saja khusus pengankutan hewan, barang elektronik, mobil, motor, barang berharga, makanan atau minuman, parfum, bahan bakar dan lain sebagainya.

Macam-Macam Jalur Ekspedisi

Di Indonesia sendiri ada tiga mcam jenis jasa ekspedisi yaitu melalui darat, laut dan juga udara. Dulunya baru ada pengiriman melalui darat dengan armada seadanya saja. Tak hanya karena minim fasilitas namun permintaan akan proses logistik juga belum sebanyak sekarang. Supaya lebih mengerti, berikut ini penjelasan singkat mengenai ketiga jalur tersebut.

  1. Ekspedisi Darat

Proses pengiriman barang melalui jalur darat sudah dikenal sejak zaman dahulu. Sebelum teknologi dan alat transportasi bermesin berkembang pesat, rakyat Indonesia hanya menggunakan sarana sederhana seperti dokar atau delman, andong, kereta berkuda, ataupun sepeda. Namun seiring berkembangnya waktu maka muncul metode canggih diantaranya menggunakan kereta api serta sistem trucking. Yang dimaksud trucking yaitu menggunakan truk sebagai armada utama untuk melakukan pengiriman dalam kapasitas tertentu. Harganya jauh lebih murah karena semua barang dijadikan satu dalam bagasi atau box khusus di bagian belakang kendaraan. Beberapa macam truck yang digunakan seperti Fuso, trailer, tronton, mobil box dan lain sebagainya.

  1. Ekspedisi Laut

Jenis lain yang juga menjadi alternatif paling favorit yaitu melalui jalur laut menggunakan kapal. Ada beberapa keuntungan jika Anda memilih ekspedisi tersebut, diantaranya seperti kapasitas lebih besar, harga murah, dan keamanan terjamin. Bahkan sangat cocok sekali bila digunakan untuk mengangkut aneka jenis barang berat mulai dari motor, mobil dan peralatan pembangunan seperti excavator dan dozzer. Jenis kapal yang seringkali digunakan antara lain ferry, kapal pelni, roro, dan cargo. Namun Anda harus lebih bersabar karena estimasi waktunya cukup lama bergantung juga pada jarak lokasi pengiriman.

  1. Ekspedisi Udara

Ekspedisi murah Jakarta selanjutnya adalah melalui udara dengan armada pesawat terbang. Kebanyakan masyarakat menganggapkan mahal bila dibandingkan kapal laut dan via darat. Akan tetapi jika dihitung lagi maka Anda dapat menghemat banyak tenaga, waktu, bahkan biaya. Hal ini disebabkan karena pengiriman menggunakan pesawat memakan waktu sangat cepat, praktis, sistem keamanannya terjamin dan terhindar dari pencurian. Semua proses mulai dari packing sampai pengantaran dilakukan secara teliti oleh pihak bertanggungjawab. Bayangkan saja jika Anda menggunakan cara tersebut untuk keperluan bisnis maka akan mendapatkan profit penjualan besar karena pelanggan merasa puas. Akan tetapi ada beberapa kekurangan melalui jalur ini seperti tidak semua barang dapat diangkut, proses pendaftaran cukup rumit, terdapat banyak tambahan biaya dan lain sebagainya.

Tips Mencari Jasa Ekspedisi Murah Jakarta

Kota Jakarta merupakan ibukota Indonesia sehingga tak mengherankan jika semua hal disana serba mahal termasuk jasa pengiriman barang. Terlebih lagi jika menggunakan fasilitas lengkap dan terbaik sehingga butuh biaya tambahan untuk menjamin kualitas pelayanan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena dapat menggunakan jasa dari Cargonesia Express, kami adalah perusahaan ekspedisi terpercaya dengan harga terjangkau. Kami dapat mengangkut aneka macam barang melalui tiga jalur yaitu darat, laut dan udara dengan estimasi biaya berbeda-beda seusai kebutuhan. Menerima pengiriman ke berbagai daerah di Indonesia. Selain itu Cargonesia menawarkan ekspedisi murah Jakarta dengan beberapa fasilitas seperti asuransi, gratis antar jemput dalam kota Jakarta, packing, service langsung, dan lain sebagainya.

Bagi yang tertarik dengan pengiriman lewat Cargonesia maka dapat menghubungi Customer Service untuk melakukan konsultasi. Anda bisa meminta rincian biaya tiap daerah, estimasi waktu dan total pembiayaan atas suatu barang tertentu. Disamping itu, dapat juga melihat aneka macam jenis ekspedisi di website cargonesia.co.id untuk informasi lebih lengkap.

Butuh Bantuan? Kami Siap Membantu Anda

Ajat

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Ambar

Hai, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Dirman

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00