Indonesia adalah negara kepulauan yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Kondisi seperti ini jelas menjadi kekayaan alam tersendiri yang patut disyukuri. Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa akses menuju wilayah Indonesia timur masih cukup sulit dijangkau, terutama dalam hal pengiriman barang.

Untuk membantu dan mempermudah pengiriman barang ke wilayah Indonesia timur, Anda dapat menggunakan Cargonesia Express. Jasa cargo yang berada di wilayah Jakarta ini memang menjadi cargo spesialis wilayah timur, juga melayani pengiriman barang ke seluruh pulau di Indonesia.

Komponen Logistik

Cargonesia Express sebagai jasa cargo, ekspedisi, dan logistik tepercaya akan membantu Anda mengirimkan barang ke seluruh pulau di Indonesia, terutama untuk pulau-pulau yang berada di wilayah timur dengan moda transportasi yang sesuai, biaya pengiriman barang yang sangat terjangkau, dan pengiriman yang tepat waktu.

Untuk dapat menjalankan proses pengiriman barang dengan lancar, Cargonesia Express harus memerhatikan beberapa komponen logistik yang mendukung, seperti berikut ini.

  1. Struktur Fasilitas

Struktur fasilitas menjadi komponen logistik pendukung dalam menjalankan proses pengiriman barang yang meliputi lokasi dari dan ke tempat tujuan yang dilewati serta gudang yang dimiliki.

 

  1. Persediaan Material

Cargonesia Express bertanggung jawab penuh atas keamanan barang-barang yang dikirimkan ke wilayah timur dan wilayah Indonesia lainnya. Untuk itu, jasa cargo ini membutuhkan material-material yang dapat melindungi barang-barang tersebut, seperti peti kayu, container, dan bubble wrap.

 

  1. Penanganan Dan Penyimpanan

Dalam proses pengiriman barang, komponen logistik penanganan dan penyimpanan meliputi pergerakan, pengepakan, dan pengemasan. Untuk meminimalkan terjadinya masalah dan lebih memudahkan proses pengiriman, komponen logistik ini harus dijalankan secara efektif. Semakin sedikit barang yang akan dikirimkan ke wilayah Indonesia timur, semakin efisien pula proses pengirimannya.

 

  1. Moda Transportasi

Moda transportasi menjadi salah satu komponen logistik penting dan harus dimiliki dalam proses pengiriman barang. Ada tiga jenis moda transportasi yang biasa digunakan oleh Cargonesia Express, yaitu moda transportasi darat, laut, dan udara. Ketiganya memang memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat memengaruhi kecepatan dan tarif pengiriman barang.

 

  1. Komunikasi

Dalam proses pengiriman barang, kelancaran komunikasi sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Dengan komunikasi ini juga, kendala yang dihadapi selama proses pengiriman barang dapat diketahui dan didiskusikan jalan keluarnya.

Prosedur Pengiriman Barang

Mengingat jarak yang jauh dan berbeda pulau, saat mengirimkan barang ke wilayah Indonesia timur, kendala mungkin saja terjadi. Untuk meminimalkan, bahkan menghindari, terjadinya kendala-kendala tersebut, semua pihak harus mengetahui dan mematuhi prosedur pengiriman barang yang baik dan benar. Dengan begitu, proses pengiriman barang akan berjalan dengan mudah dan lancar hingga sampai ke tempat tujuan.

Berikut ini adalah prosedur pengiriman barang yang harus diketahui dan dipatuhi oleh semua pihak yang terlibat.

  1. Pemesanan

Sebelum membuat perjanjian dan mengirimkan barang ke wilayah Indonesia timur, Anda atau pihak pengirim harus melakukan pemesanan di Cargonesia Express. Untuk itu, Anda harus melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), KTP (Kartu Tanda Penduduk), dan SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak). Nantinya, dokumen-dokumen ini digunakan untuk membuat Bill of Landing, melancarkan proses pengiriman barang, dan memudahkan berkomunikasi.

 

Untuk membuat Bill of Landing, Cargonesia Express memerlukan fixed SI berisi data-data muatan yang akan dikirimkan berupa commodity, consignee, jumlah muatan dalam container, nama shipper, nomor container/seal, notify party, dan term of shipment.

 

Tidak hanya itu, Anda juga harus memberikan penjelasan rinci tentang jenis dan berat barang yang akan dikirimkan pada pihak Cargonesia Express. Penjelasan ini akan digunakan untuk menentukan container empty.

 

  1. Menghitung Berat Maksimal Isi Container

Sebelum melakukan proses pengiriman, pihak Cargonesia Express akan menjelaskan dan menghitung berat maksimal isi container. Berdasarkan jenisnya, container dibagi menjadi 3, yaitu special container, reefer, dan dry. Berdasarkan ukurannya, container dibagi menjadi 4, yaitu 45 ft, 40HC ft, 40 ft, dan 20 ft.

 

  1. Pengecekan Container Empty

Setelah membuat perjanjian dan melakukan pemesanan, pihak Cargonesia Express akan memberikan container empty pada Anda. Anda dapat mengeceknya terlebih dahulu sebelum digunakan.

 

Anda dapat menolak container empty yang diberikan jika tidak sesuai dan tidak akan dikenakan biaya dengan syarat belum terjadi kesepakatan. Tetapi saat sudah terjadi kesepakatan, kemudian menolaknya, Anda akan dikenakan biaya lift on dan lift off empty. Jika menyetujuinya, Anda akan menerima dokumen sebagai bukti serah terima container empty yang disebut dengan EIR (Equipment Interchange Receipt).

 

  1. Mengetahui Dan Menyepakati Demurrage

Khusus pengiriman barang yang menggunakan moda transportasi laut, Anda harus mengetahui dan menyepakati demurrage. Demurrage adalah denda keterlambatan stripping container yang harus dibayarkan pada pihak Cargonesia Express atau pelayaran karena melebihi batas waktu bongkar muat yang sudah ditentukan.

 

  1. Mengetahui Ketentuan Yang Berlaku Untuk Barang Berbentuk Cair

Untuk mengirimkan barang berbentuk cair, memang cukup sulit karena risikonya lebih besar. maka tidak heran, banyak jasa cargo yang menolak mengirimkan barang berbentuk cair dengan alasan baunya sangat menyengat jika mengandung bahan kimia tertentu, mudah menguap hingga dapat menimbulkan ledakan, mudah tumpah, mudah pecah jika menggunakan tempat dari kaca, dan sulit dikemas.

 

Meskipun demikian, Anda tetap dapat mengirimkan barang berbentuk cair dengan menggunakan Cargonesia Express. Tetapi sebelumnya, Anda harus mengetahui ketentuan yang berlaku.

 

  1. Mengetahui Ketentuan Yang Berlaku Untuk Barang-Barang Mudah Rusak

Untuk mengirimkan barang-barang yang mudah rusak, Anda harus mengetahui ketentuan yang berlaku di Cargonesia Express. Dengan begitu, barang-barang tersebut akan tetap terjaga keamanannya dan terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Hitung Tarif Pengiriman Barang

Selain mengetahui komponen logistik dan prosedur pengiriman barang, Anda juga harus mengetahui tarif yang ditetapkan. Setiap jasa cargo, ekspedisi, dan logistik memang memiliki tarif yang berbeda-beda. Jika ingin mendapatkan daftar harga pengiriman barang untuk wilayah Indonesia timur yang sangat terjangkau, Anda dapat menghubungi atau mengunjungi website Cargonesia Express di https://cargonesia.co.id.

Berikut adalah cara menghitung tarif pengiriman barang ke wilayah Indonesia timur yang ditetapkan oleh Cargonesia Express.

  1. Menghitung berat kotor barang.
  2. Menghitung volume dan kubikasi barang
  • Menghitung volume barang yang dikirimkan melalui darat dan laut dengan cara PxLxT:4.000
  • Menghitung volume barang yang dikirimkan melalui udara dengan cara PxLxT:6.000
  • Menghitung kubik barang yang akan dikirimkan melalui darat dan laut dengan cara PxLxT:1.000.000
  1. Menghitung berat dan volume barang sebagai langkah terakhir mendapatkan tarif yang harus Anda bayarkan.

Jika ingin mengirimkan barang ke wilayah Indonesia timur dengan biaya pengiriman barang yang sangat terjangkau, Anda dapat menggunakan Cargonesia Express. Cargo spesialis wilayah timur ini akan membantu Anda mengirimkan barang, mulai dari pemesanan hingga ke tempat tujuan. Dengan menggunakan Cargonesia Express, Anda akan mendapatkan beberapa kelebihan, seperti customer support yang berpengalaman, proses pengiriman yang aman dan cepat, serta tarif yang sangat terjangkau.