Jasa Cargo Murah Di Jakarta

Jasa Cargo Murah Di Jakarta

Apa itu cargo murah? Definisi dari cargo murah sendiri bisa bermacam-macam namun secara spesifik artinya pengiriman melalui jasa cargo dengan biaya murah. Sebenarnya murah atau mahal biaya cargo sifatnya relatif sebab penerapan besar kecilnya biaya tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan jasa ekspedisi.

Definisi singkat dari cargo yaitu semua barang yang dikirim via darat (truck container/trucking), via laut (cargo laut) dan via udara (kargo udara). Semua barang-barang tersebut secara umum merupakan barang yang diperdagangkan baik melalui pengiriman antar wilayah (kota) di dalam negeri hingga internasional (antar negara) atau kita kenal dengan istilah ekspor-impor.

Semua barang kiriman (kecuali bagasi penumpang serta benda-benda post) baik barang yang diperdagangkan maupun untuk kepentingan non-komersial dan dilengkapi dokumen pengangkutan dapat disebut sebagai cargo. 

General Cargo dan Spesial Cargo

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cargo murah, ada baiknya kita ketahui dulu mengenai sifat-sifat cargo itu sendiri. Menurut cara penanganannya, cargo dibagi menjadi 2 golongan. Masing-masing general cargo dan special cargo.  

General Cargo

General berarti “umum”. Dengan sendirinya General Cargo adalah barang-barang kiriman biasa sehingga tidak memerlukan perlakuan khusus. Kendati demikian tetap harus memenuhi aspek safety seperti syarat-syarat pengiriman pada umumnya. 

Barang-barang kiriman yang masuk kategori General Cargo contohnya: pakaian (hasil garment/tekstil), peralatan kantor, alat-alat olahraga, barang-barang kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain.

Special Cargo

Kebalikan dari General Cargo, Special Cargo adalah jenis barang kiriman yang membutuhkan Special Handling (penanganan khusus). Secara umum barang kategori Special Cargo sering dikirim via ekspedisi laut. Pada dasarnya barang Special Handling sendiri bisa dikirimkan via cargo udara dengan catatan memenuhi regulasi IATA. Barang kategori Special Handling biasanya menggunakan kode: DG, PES, AVI, PER, HEA, PEM, dan masih banyak lagi. 

Pengiriman Ekspedisi dan Pengiriman Cargo

Ada pengiriman ekspedisi ada pula pengiriman cargo. Lantas apa perbedaan keduanya?

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang benar-benar spesifik antara pengiriman ekspedisi dan pengiriman cargo. Dengan kata lain keduanya adalah sama, sama-sama menawarkan jasa pengiriman untuk kemudian mendistribusikan barang (paket) kepada penerima sesuai alamat. Yang kadang justru membedakan keduanya adalah penilaian masyarakat sendiri. 

Terlepas benar atau salah menurut penilaian masyarakat bahwa pengiriman ekspedisi identik dengan pengiriman ritel (dalam jumlah relatif sedikit). Berdasarkan jumlah juga sering disebut pengiriman regular. 

Sedangkan pengiriman cargo merujuk pada pengiriman dalam jumlah besar. Selain itu harga biaya kirim lebih murah khusus untuk pengiriman banyak atau skala besar. Konon pengiriman cargo lebih banyak dipilih karena ongkirnya dinilai lebih murah. 

Namun faktanya tidak semua ekspedisi kecil (pengiriman dalam jumlah sedikit) akan mendapat harga kirim lebih mahal. Kembali lagi ke awal bahwa mahal atau murah biaya pengiriman tergantung kebijakan perusahaan jasa pengiriman. 

Pengiriman Cargo Murah Jakarta

Dalam hal penanganan pengiriman cargo Jakarta, Cargonesia Express tetap konsisten dengan biaya pengiriman murah mencakup ekspedisi general cargo maupun special cargo. Cargonesia juga tidak membatasi jumlah atau volume cargo namun justru menyediakan fasilitas pengiriman berupa alat transportasi yang disesuaikan dengan kapasitas cargo. 

Untuk pengiriman cargo murah Jakarta, Cargonesia Express menyediakan FCL (Full Container Load) khusus untuk pengiriman partai besar. Sesuai namanya FCL berarti customer menyewa 1 (satu) container secara penuh terlepas apakah satu container tersebut dapat memenuhi kuota barang yang dikirim atau tidak. 

Penggunaan metode pengiriman FCL biasanya digunakan untuk ekspedisi antar pulau dimana container dimuat dalam Kapal Cargo. FCL sendiri dinilai lebih aman dibanding LCL (Less than Container Load) dimana barang kiriman dicampur dengan barang dari customer lain dalam 1 container. 

Selain pengiriman via FCL Cargonesia Express juga menyediakan pengiriman cargo murah via jalur darat melalui sewa truck yaitu charter full truck / FTL (Full Truck Load) dan LTL (Less than Truck Load). LTL sendiri merupakan cara pengiriman cargo paling efisien untuk bisnis perorangan. 

Dari layanan yang disediakan terlihat Cargonesia Express merupakan perusahaan jasa pengiriman paling fleksibel dengan layanan pengiriman cargo murah baik kategori partai besar maupun partai kecil (retail).  

Pilihan Alat Transportasi Terlengkap

Sudah sedikit kita bahas tadi bahwa untuk pengiriman cargo murah antar pulau atau antar provinsi yang dipisahkan lautan menggunakan metode FCL maupun LCL yang dimuat dalam Kapal Cargo. 

Untuk pengiriman melalui jalur darat (via trucking) Cargonesia Express sudah menyiapkan berbagai jenis alat transportasi mulai dari kapasitas kecil 150kg saja hingga kapasitas besar mencapai 18 ton dalam sekali pengiriman. Beberapa contoh armada ekspedisi cargo murah Cargonesia Express diantaranya adalah:

  • Ekonomi kapasitas 150 kg
  • Van kapasitas 750 kg
  • Pick-up kapasitas 800 kg
  • Engkel Box (Engkel Bak) kapasitas 2.200 kg
  • Fuso Ringan kapasitas 5.000 kg
  • Fuso Berat kapasitas 8.000 kg
  • Tronton Box kapasitas 15.000 kg

Proses Pekerjaan Cargo Area via Cargonesia Express

Untuk sekali pengiriman cargo ada proses pekerjaan cargo area yang harus diselesaikan secara runut satu persatu. Secara bertahap berikut proses pekerjaan cargo area bersama Cargonesia Express:

  • Penerimaan barang
  • Menimbang berat barang (atau volume)
  • Pembuatan dokumen angkut (AWB)
  • Build-up / Break Down Pallet / Container
  • Penarikan dari gudang ke kapal atau sebaliknya
  • Loading ke kapal atau unloading dari kapal
  • Penyimpanan (storage)
  • Pengiriman

Untuk pengiriman cargo baik untuk wilayah dalam kota atau tujuan luar pulau, Cargonesia Express melibatkan 3 pihak utama untuk mengeksekusi proses ekspedisi tersebut. Ketiga pihak yang dimaksud yaitu Shipper, Carrier dan Consigne.

  • Shipper adalah pihak pengirim dari individu atau perorangan atau badan usaha yang dilakukan tanpa perantara (secara langsung). Bisa juga melalui jasa ekspedisi untuk muatan kapal laut. 
  • Carrier adalah pihak pengangkut atau dalam hal ini Cargonesia Express. 
  • Consignee yaitu pihak penerima. Pihak ini bisa individu atau perorangan, bisa juga badan usaha hingga cargo agent.

Layanan pengiriman cargo oleh Cargonesia Express bukan hanya sebatas menerima dan mengirimkan barang dari customer namun juga meliputi proses sortasi, pengepakan (packing), pengukuran berat actual, pengurusan dan penerbitan dokumen (surat jalan). Proses selanjutnya adalah perhitungan biaya pengiriman dan asuransi barang.

Kabar gembira bagi Anda yang berdomisili di Jadetabek, Cargonesia Express menawarkan gratis jemput barang di 3 wilayah tersebut. Free pick-up ini berlaku untuk pengiriman cargo ke seluruh Indonesia. Cargonesia juga menawarkan gratis asuransi untuk nilai barang tertentu. Untuk pengiriman mobil tidak ada gratis asuransi. Biaya asuransi mobil cukup murah sebesar 0.25% dari nilai mobil. 

Pada prinsipnya untuk semua jenis pengiriman Cargonesia Express menawarkan biaya kirim paling murah. Anda bisa membandingkan dengan cek tarif cargo murah dari perusahaan lain lalu pastikan Cargonesia Express yang paling murah, handal, dan profesional. Temukan cara mudah kirim cargo murah ke seluruh Indonesia melalui chat WA, Telepon maupun Email ke Customer Service Cargonesia Express yang siap melayani Anda.  

Kenapa Harus Pilih Cargonesia?

Gratis Jemput Barang Bikin Kamu Gausah Ribet Keluar Rumah Dan Lebih Hemat Budget.

✅ Kirim Barang Makin Aman Dengan Gratis Asuransi Untuk Barang Dibawah 50jt.

Legalitas Perusahaan Lengkap Bikin Kamu Gak Khawatir Mau Kirim Bukan?

Gudang Luas Dan Mudah Diakses, Yuk Mampir!