Ekspedisi Jakarta ke Surabaya Paling Cepat via Cargo Darat

Ekspedisi Jakarta ke Surabaya Murah via Cargo Darat

Berada dalam satu wilayah di Pulau Jawa, ekspedisi Jakarta ke Surabaya bisa ditempuh melaui jalur darat. Lead time ekspedisi juga lebih singkat dibanding pengiriman antar pulau yang biasanya memakan waktu lebih dari satu minggu.

Jarak tak lebih dari 800 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 10 jam memungkinkan pengiriman Jakarta Surabaya 2-3 hari sampai. Via jalur laut mungkin relatif lebih lama terutama jika dikaitkan dengan jadwal kapal yang tidak sesering tranportasi darat. 

Cargonesia Express melayani pengiriman ke Surabaya via darat dengan biaya terjangkau. Keberangkatan ekspedisi berlangsung setiap hari baik untuk kiriman partai kecil ataupun besar.Untuk metode pengiriman customer bisa memilih opsi layanan door to door, port to port maupun port to door. 

Transit Pengiriman Antar Pulau

Ekspedisi Jakarta Surabaya sekilas memang pengiriman yang mudah karena jarak yang tidak begitu jauh untuk ukuran perjalanan eskpedisi. Namun tahukah Anda jika Surabaya juga merupakan transit pengiriman Jakarta tujuan luar pulau?

Selain pengiriman tujuan Surabaya dan sekitarnya, Cargonesia Express juga melayani pengiriman antar provinsi maupun antar pulau dengan terlebih dulu singgah atau berganti armada di Surabaya.

Biasanya pengiriman dari Jakarta menggunakan alat transportasi darat (via trucking) kemudian dipindahkan ke moda transportasi laut di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Ada beberapa ekspedisi ke luar pulau yang terlebih dulu singgah di Surabaya seperti ekspedisi ke Sulawesi, eskpedisi ke Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Maluku. 

Kapal terlebih dulu singgah di Pelabuhan Tanjung Perak umumnya karena ada sebagian kiriman memang memiliki tujuan akhir Kota Surabaya. Kendati demikian pengiriman ke wilayah timur Indonesia bisa saja langsung diberangkatkan dari Jakarta ke kota tujuan.

Pengiriman Cepat dan Murah Surabaya dan Sekitarnya

Fokus pengiriman Cargonesia Express ke Jawa Timur tidak hanya dititikberatkan di Surabaya melainkan beberapa kota disekitarnya dan kota-kota di Jatim pada umumnya. Beberapa wilayah yang masuk dalam cakupan pengiriman Cargonesia Express adalah:

  • Kota Gresik
  • Kota Lamongan
  • Kota Malang
  • Kota Sidoarjo 
  • Kota Pasuruan
  • Kota Jombang
  • Kota Mojokerto

Karena berada di lokasi terdekat, tarif pengiriman ke kota-kota tersebut diatas tidak berbeda jauh. Perbedaan tarif untuk kota lain di Jawa Timur mungkin  terjadi karena pertimbangan jarak tempuh dan lead time pengiriman. 

Mengapa tarif cargo ke Surabaya bisa kebih murah? Sekedar informasi, Surabaya merupakan port pengiriman cargo Jakarta tujuan kota di Jawa Timur. Oleh sebab itu proses sortir barang dilakukan di Surabaya untuk kemudian kembali didistribusikan ke kota-kota sekitarnya.

Ongkir ke Surabaya untuk ekspedisi via darat Rp 4.000/kg dengan minimal berat 100kg. Waktu pengiriman 3-4 hari sejak truk diberangkatkan dari Jakarta. Untuk tarif ke kota dan kabupaten lain Rp 6.000/kg dengan berat minimal dan lead time yang sama. Pengecualian untuk kota Sidoarjo, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan dan Probolinggo tarif pengiriman Rp 5.000/kg.

Ekspedisi Surabaya Aman dengan Moda Tranportasi Darat Lengkap

Seperti yang dibahas sebelumnya, ekspedisi ke Jawa Timur bersama Cargonesia Express mayoritas menggunakan jalur darat via trucking. Untuk proses pengirimannya sendiri sudah tersedia moda tranportasi darat yang lengkap dan laik uji jalan.

Laik uji jalan yang dimaksud berarti seluruh kendaraan yang digunakan Cargonesia Express untuk sistem pengangkutan darat sudah memenuhi syarat pengoperasian untuk menjamin keselamatan penumpang dan seluruh barang didalamnya. 

Ada beberapa jenis kendaraan yang disiapkan Cargonesia untuk menuntaskan misi ekspedisi Jakarta ke Surabaya. Berikut beberapa diantaranya:

  • Truck Container
    Kendaraan ini termasuk jenis truk trailer namun dilengkapi peti kemas. Tujuan penambahan peti kemas agar dapat menyimpan dan membawa barang kiriman lebih banyak untuk satu kali keberangkatan ekspedisi.

    Ada 3 jenis Truck Container yang dibedakan menurut ukurannya yaitu Truck Container High Cube, Truck Container 20 Kaki serta 40 Kaki. Container yang digunakan biasanya ada 2 tipe yaitu jenis Dry Container dan Reefer Container.  

  • Truck Trailer
    Truck Trailer termasuk jenis armada ekspedisi paling besar dengan jumlah roda 16 hingga 26 buah. Selain sebagai alat pengangkut alat berat, kendaraan ini sering digunakan untuk mengangkut mobil dalam jarak dekat.
  • Truck Wing Box
    Truk ini dilengkapi bak di samping kanan dan kiri juga belakang untuk memudahkan bongkar muat barang. Kendaraan ini biasanya digunakan untuk pengiriman jarak dekat atau pengiriman dengan intensitas bongkar muat lebih sering.
  • Truck Fuso
    Cargonesia Express juga menyediakan Truck Fuso untuk ekspedisi Jakarta ke Surabaya. Truk Fuso sendiri memiliki kapasitas mencapai 7 ton dengan spesifikasi roda sebanyak 6 buah, 2 bagian depan dan 4 bagian belakang.  
  • Truck Colt Diesel Double
    Kendaraan yang juga  populer dengan sebutan CDD ini memiliki kapasitas maksimal 4-5 ton. Spesifikasinya mirip dengan Truck Fuso. Yang membedakan hanya pada kapasitas maksimal saja.
  • Truck Tronton
    Kendaraan ekspedisi ini terkenal dengan ketangguhan fisiknya. Truck Tronton sendiri dilengkapi total 10 roda dengan kapasitas muat mencapai 10 ton.
  • Truck Colt Diesel Engkel
    Kendaraan yang familiar dengan sebutan CDE ini ukurannya lebih kecil dibanding CDD. Kapasitas maksimal hanya 2 ton dengan spesifikasi roda 4 buah saja. Kendaraan ini cukup gesit untuk media angkut barang terutama untuk rute pengiriman dengan jalan tidak terlalu lebar.
  • Mobil Pickup
    Dari beberapa kendaraan ekspedisi yang disebutkan diatas Pickup bisa dikatakan kendaraan paling kecil. Jenis mobil ini tidak hanya dimiliki oleh perusahaan namun juga digunakan perorangan untuk kebutuhan pribadi. Mobil dengan ciri khas bak terbuka ini hanya mempunyai kapasitas 2 ton. Bahkan jika bak belakang diganti box kapasitasnya menjadi lebih kecil sekitar 1,5 ton saja.  

Biaya Lebih Murah dengan Fitur-Fitur Gratis

Besar atau kecil barang yang dikirimkan oleh customer, Cargonesia Express dapat menghandle pengiriman menggunakan jenis kendaraan sesuai kapasitasnya. Disamping itu beberapa fitur gratis juga berlaku untuk pengiriman cargo ke Surabaya yaitu jemput barang gratis dan asuransi gratis.

Untuk menekan biaya pengiriman Cargonesia Express menawarkan gratis jemput barang di area Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Fitur ini juga berlaku untuk kota-kota lain dengan radius tertentu. 

Jangan lupa Cargonesia Express juga menawarkan gratis asuransi yang berlaku untuk pengiriman tujuan seluruh kota di Indonesia, tidak hanya untuk ekspedisi Jakarta Surabaya saja. Gratis asuransi berlaku untuk pengiriman nilai barang dibawah Rp 50 juta. Untuk nilai barang Rp 50 juta keatas ada premi yang harus dibayar sebesar 0.25% dari nilai barang. 

Catatan: Untuk pengiriman mobil dan motor tetap dikenakan premi 0.25% (tidak ada gratis asuransi berapapun nilai barang).

Banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa dinikmati oleh customer terutama untuk pengiriman ke Surabaya. Silakan chat Customer Service Cargonesia Express untuk fitur-fitur baru dan informasi ekspedisi Jakarta Surabaya secara lengkap dan jelas. 

Ekspedisi Jakarta Surabaya

Butuh Info Ongkos Kirim Ekspedisi Jakarta Ke Surabaya ?

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

Barang yang sering dikirim

Motor, Mobil, Material Konstruksi (Kaca, Semen, Besi, Cat), Bahan Kimia, Peralatan Laboratorium, Alkes (Alat Kesehatan), Obat obatan,  Kabel Haspel / Fiber Optik, Konveksi & Tekstile (T Shirt, Kaos, Baju seragam ), Barang kebutuhan Industri (Water Treatment, Tabung, UPS, Panel Listrik, Panel Surya / Solar Cell, Server, Oli, Genset, Valve, Barang Percetakan), Furniture, Peralatan Safety, Pipa Besi, Pupuk, Barang Promosi, Alat Elektronik Rumah Tangga (Kulkas, AC, TV, Komputer, Mesin Cuci), Mesin & Spare Part ( Alat Berat, Excavator, Forklift, Stone Crusher, Mesin Pabrik, Mesin Traktor, Alat Pertanian, Mesin Pompa, Seal Mechanical), Tower.

Cara menghitung berat volume barang kiriman

Sebelum memutuskan mengirim barang tentu sangat penting bagi anda memperhitungkan budget pengiriman, maka dari itu hal penting yang harus anda ketahui adalah mengetahui berat atau volume pengiriman anda nantinya yang akan dikalikan dengan tarif pengiriman atau ongkos kirim.

Sebagian orang tentu hanya mengetahui bahwa berat yang diambil yaitu berat actual hasil alat timbangan akan tetapi untuk pengiriman cargo juga dihitung volume barangnya, hal tersebut dikarenakan ada beberapa jenis barang yang volumenya besar dan memakan tempat akan tetapi untuk beratnya sangatlah ringan seperti contoh yaitu lemari kulkas, mesin cuci, dan juga kasur.

Adapun perhitungan akan diambil nilai terbesar antara berat actual (Kg) dan volume (Kgv), untuk rumus perhitungan volume sendiri yaitu :

Panjang (cm) x Lebar (cm) x Tinggi (cm) / 4000 = ….Kgv

Perhitungan berikut merupakan perhitungan final, jika misalnya barang anda memerlukan packing estimasi dimensi tentunya akan ditambahkan 8cm tiap sisinya sesuai dengan ukuran kayu yang digunakan untuk packing.

Cara mengetahui estimasi biaya packing

Selain mengetahui estimasi berat dan volume, penting juga bagi anda yang memiliki barang riskan untuk mengetahui estimasi biaya packing pengiriman.

Perhitungan estimasi biaya packing bisa didapatkan dari rumus Est. Volume x Rp. 2000. Tetapi untuk biaya packing sifatnya opsional dan negotiable jadi jika anda memiliki barang yang besar anda tidak perlu khawatir untuk negosiasi packing kepada kami.

Untuk lebih detailnya anda bisa menggunakan kalkulator cargo untuk mengetahui estimasi berat dan juga biaya packing, pastikan bahwa hitungan tersebut adalah hitungan 1 unit/koli barang.

Kenapa Harus Pilih Cargonesia?

Gratis Jemput Barang Bikin Kamu Gausah Ribet Keluar Rumah Dan Lebih Hemat Budget.

✅ Kirim Barang Makin Aman Dengan Gratis Asuransi Untuk Barang Dibawah 50jt.

Legalitas Perusahaan Lengkap Bikin Kamu Gak Khawatir Mau Kirim Bukan?

Gudang Luas Dan Mudah Diakses, Yuk Mampir!