Ekspedisi Jakarta Ambon Cepat dan Murah via Kapal Pelni

Ekspedisi Cargo Jakarta Ambon Murah

Ekspedisi Jakarta Ambon Cepat dan Murah via Kapal Pelni

Pengiriman tujuan Indonesia Timur tetap menjadi prioritas Cargonesia Express dan ekspedisi Jakarta ke Ambon menjadi salah satu diantaranya. Seperti metode pengiriman antar pulau pada umumnya, pengiriman ke Ambon masih menggunakan fasilitas armada laut sebagai satu-satunya media angkut. 

Ambon merupakan ibukota Provinsi Maluku sekaligus menjadi sentra perekonomian bersama dengan satu kota lainnya yaitu Ternate. Seperti kita ketahui Kepulauan Maluku memiliki 2 provinsi yaitu Maluku dan Maluku Utara yang menjadi daerah otonom hasil pemekaran dari Provinsi Maluku.

Karena bisa dikatakan sebagai sentra ekonomi dan perdagangan maka tak heran jika seluruh ekspedisi Jakarta Maluku bermuara di Kota Ambon. Singkatnya, Kota Ambon menjadi port pengiriman barang sebelum didistribusikan ke kota atau kabupaten lain di Maluku secara keseluruhan.

Cargonesia Express adalah jasa ekspedisi pilihan customer untuk layanan distribusi logistik ke Ambon. Ongkis pengiriman murah dan jaminan keamanan barang tetap menjadi layanan utama Cargonesia untuk kepuasan semua pelanggan.

Jangkauan Pengiriman ke Seluruh Kota dan Kabupaten

Peluang ekspedisi ke Ambon tarif murah semakin besar karena pengiriman Cargonesia Express menjangkau seluruh kota dan kabupaten di Provinsi Maluku dan Maluku Utara. 

Berikut daftar kota dan kabupaten di Maluku yang masuk cakupan pengiriman Jakarta Ambon bersama Cargonesia Express.

  • Kota Ambon
  • Kota Tual
  • Kota Namlea (Kabupaten Buru)
  • Kota Namrole (Kabupaten Buru Selatan)
  • Kota Dobo (Kabupaten Aru)
  • Kota Saumlaki (Kabupaten Kepulauan Tanimbar)
  • Kota Tiakur (Kabupaten Maluku Barat Daya)
  • Kota Masohi (Kabupaten Maluku Tengah)

Rute pengiriman start dari pelabuhan di Jakarta menuju Ambon Maluku. Di port Ambon kemudian dilakukan sortir barang 1-2 hari. Selanjutnya barang dikirimkan sesuai alamat tujuan masing-masing menggunakan transportasi darat.

Untuk fasilitas tranportasi darat yang digunakan ada pickup, truk, truk engkel, truk box, dan lain-lain. Terkait kendaraan darat apa yang digunakan tergantung jenis barang dan disesuaikan dengan kapasitas angkut kendaraan itu sendiri. 

Ekspedisi Jakarta Ambon via Kapal Cepat

Kapal Cepat atau Kapal Pelni termasuk salah satu armada laut andalan Cargonesia Express untuk ekspedisi ke Ambon. Kapal milik BUMN ini terkenal lebih efektif dan cepat dari sisi lead time pengiriman.

Untuk pengiriman ke Ambon via Kapal Pelni ada beberapa prosedur yang harus diperhatikan customer. Prosedur tersebut wajib dipahami supaya proses pengiriman berjalan lebih cepat dan aman sampai di alamat tujuan.

Apa saja prosedur dan persyaratan pengiriman via Kapal Cepat atau Kapal Pelni? 

  • Persiapkan data keseluruhan barang yang akan dikirim seperti jenis barang, dimensi dan ukuran, dan packing (kayu, dus, karung, dll)
  • Berikutnya jika barang sudah siap hubungi CS Cargonesia Express. Diskusikan mengenai layanan yang Anda pilih, misalnya door to door service atau port to port service. Bila perlu tanyakan juga jadwal keberangkatan kapal dan tarif kapal.
  • Lakukan booking ruang container supaya dapat disesuaikan dengan jadwal terdekat keberangkatan kapal. 
  • Tanyakan ketersediaan space container untuk mempermudah pendistribusian barang ke gudang container. 
  • Tanyakan juga pada staff operasional Cargonesia Express mengenai lokasi gudang container karena biasanya pemuatan barang pada container setiap kota akan berbeda. Pastikan barang yang dikirimkan ditempat stuffing sesuai kota tujuan. 
  • Team Cargonesia Express akan melakuan pengukuran ulang (berat dan volume) barang di lapangan. 
  • Barang ringan makan tempat dihitung menggunakan pengukuran satuan kubik. Rumusnya P x L x T dibagi 1.000.000.
  • Dimensi barang sebelum dikirim dan setelah dilakukan pengukuran ulang harus sama.
  • Berlaku minimum pengiriman 3-5 meter kubik (tergantung kota tujuan).
  • Selanjutnya Anda akan menerima nota atau tanda terima pengiriman yang berisi data barang dan tujuan pengiriman. Nota / kwitansi tersebut diberi tanda stempel lunas sekaligus sebagai bukti pembayaran.
  • Jika Anda menggunakan sistem transfer (ATM, m-banking, i-banking, via pos, dll) segera lakukan konfirmasi pelunasan pada Customer Service Cargonesia supaya barang bisa segera diberangkatkan.  

Keuntungan Ekspedisi Menggunakan Kapal Cepat

Ekspedisi Jakarta Ambon via Kapal Cepat memberi banyak keuntungan bagi customer. Apa saja keuntungannya?

  • Tarif Terjangkau
    Kapal Cepat merupakan armada laut milik perusahaan negara sehingga tarif yang ditetapkan relatif terjangkau. Ini menjadi nilai plus karena umumnya biaya kirim merupakan faktor utama yang dipertimbangkan customer sebelum memilih jasa ekspedisi tertentu. 
  • Lead Time Lebih Cepat
    Pengiriman paling cepat memang hanya milik cargo udara namun untuk ekspedisi laut pengiriman via Kapal Pelni dijamin paling cepat dibanding armada laut lainnya. Selain lebih efektif dari segi lead time, jadwal keberangkatan Kapal Pelni sudah ter-schedule sehingga mudah disesuaikan dengan waktu pengiriman yang diinginkan. 
  • Flekisbel
    Kapal Pelni adalah moda transportasi laut yang fleksibel karena fungsinya sebagi kapal penumpang dan kapal muatan barang atau angkutan barang komersial. Disini Kapal Pelni melayani pengiriman dry container, reefer container, general cargo dan angkutan kendaraan. Sekedar informasi, PT. PELNI juga memiliki 7 kapal barang komersial yang bisa disewa dengan sistem kerjasama voyage charter dan time charter. 

Ekspedisi Jakarta Ambon via Cargo Container

Cargonesia Express juga menyediakan ekspedisi cargo container untuk pengiriman ke Ambon Maluku. Layanan ini memungkinkan untuk melakukan pengiriman cepat dan aman via kapal cargo container. 

Adapun skema pengiriman, barang dimasukkan container kemudian diangkut menggunakan kapal cargo. Cargo ke Ambon umumnya dipilih untuk pengiriman jenis barang yang membutuhkan perlakuan khusus.

Untuk jenis container yang disediakan ada 2 pilihan ukuran yaitu 20 feet dan 40 feet. Masing-masing berlaku tarif berbeda. Metode pengiriman via cargo container sendiri ada 2 pilihan yaitu secara LCL (Less than Container Load) dan FCL (Full Container Load).

    LCL (Less than Container Load)

Jika customer memilih pengiriman LCL maka dari shipping agent barang akan ditujukan langsung ke gudang penumpukan.  Selanjutnya petugas gudang akan mengumpulkan barang (termasuk dari customer lain) sampai memenuhi kuota yang sudah ditentukan. Setelah kuota terpenuhi barang di loading ke dalam container. 

    FCL (Full Container Load)

Sama seperti LCL, FCL juga jenis pengiriman menggunakan container. Bedanya, meskipun secara quantity belum memenuhi kuota (lebih ideal dengan sistem LCL) namun jika pihak shipper mengirimkan barang menggunakan container maka disebut pengiriman FCL. Jika memilih opsi ini maka shipper (pengirim) harus mendatangkan container ke Gudang Cargonesia untuk proses stuffing. Setelah loading barang selesai berikutnya container disegel kemudian dikirim ke tempat penumpukan petikemas di pelabuhan Jakarta lalu dikirimkan ke Ambon sesuai jadwal. 

Lebih Praktis dengan Door to Door Service

Pengiriman door to door service dinilai lebih efektif karena lebih hemat waktu dan tenaga. Layanan ini mempunyai arti bahwa barang yang dikirim oleh customer dijemput oleh Cargonesia Express di alamat / gudang shipper.

Singkatnya, apabila memilih layanan door to door maka customer tidak perlu melalui proses apapun. Barang dijemput oleh Cargonesia Express lalu dikirimkan sampai alamat tujuan. Shipper tidak perlu kemana-mana.  

Jika Anda ingin mengirimkan barang ke Ambon Maluku silakan melakukan booking di Customer Service Cargonesia Express. Pastikan barang Anda dikirimkan pada jadwal ekspedisi Jakarta Ambon terdekat. 

jakarta ambon min

Butuh Info Ongkos Kirim Ekspedisi Jakarta Ke Ambon ?

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

Barang yang sering dikirim

Motor, Mobil, Material Konstruksi (Kaca, Semen, Besi, Cat), Bahan Kimia, Peralatan Laboratorium, Alkes (Alat Kesehatan), Obat obatan,  Kabel Haspel / Fiber Optik, Konveksi & Tekstile (T Shirt, Kaos, Baju seragam ), Barang kebutuhan Industri (Water Treatment, Tabung, UPS, Panel Listrik, Panel Surya / Solar Cell, Server, Oli, Genset, Valve, Barang Percetakan), Furniture, Peralatan Safety, Pipa Besi, Pupuk, Barang Promosi, Alat Elektronik Rumah Tangga (Kulkas, AC, TV, Komputer, Mesin Cuci), Mesin & Spare Part ( Alat Berat, Excavator, Forklift, Stone Crusher, Mesin Pabrik, Mesin Traktor, Alat Pertanian, Mesin Pompa, Seal Mechanical), Tower.

Cara menghitung berat volume barang kiriman

Sebelum memutuskan mengirim barang tentu sangat penting bagi anda memperhitungkan budget pengiriman, maka dari itu hal penting yang harus anda ketahui adalah mengetahui berat atau volume pengiriman anda nantinya yang akan dikalikan dengan tarif pengiriman atau ongkos kirim.

Sebagian orang tentu hanya mengetahui bahwa berat yang diambil yaitu berat actual hasil alat timbangan akan tetapi untuk pengiriman cargo juga dihitung volume barangnya, hal tersebut dikarenakan ada beberapa jenis barang yang volumenya besar dan memakan tempat akan tetapi untuk beratnya sangatlah ringan seperti contoh yaitu lemari kulkas, mesin cuci, dan juga kasur.

Adapun perhitungan akan diambil nilai terbesar antara berat actual (Kg) dan volume (Kgv), untuk rumus perhitungan volume sendiri yaitu :

Panjang (cm) x Lebar (cm) x Tinggi (cm) / 4000 = ….Kgv

Perhitungan berikut merupakan perhitungan final, jika misalnya barang anda memerlukan packing estimasi dimensi tentunya akan ditambahkan 8cm tiap sisinya sesuai dengan ukuran kayu yang digunakan untuk packing.

Cara mengetahui estimasi biaya packing

Selain mengetahui estimasi berat dan volume, penting juga bagi anda yang memiliki barang riskan untuk mengetahui estimasi biaya packing pengiriman.

Perhitungan estimasi biaya packing bisa didapatkan dari rumus Est. Volume x Rp. 2000. Tetapi untuk biaya packing sifatnya opsional dan negotiable jadi jika anda memiliki barang yang besar anda tidak perlu khawatir untuk negosiasi packing kepada kami.

Untuk lebih detailnya anda bisa menggunakan kalkulator cargo untuk mengetahui estimasi berat dan juga biaya packing, pastikan bahwa hitungan tersebut adalah hitungan 1 unit/koli barang.

Kenapa Harus Pilih Cargonesia?

Gratis Jemput Barang Bikin Kamu Gausah Ribet Keluar Rumah Dan Lebih Hemat Budget.

✅ Kirim Barang Makin Aman Dengan Gratis Asuransi Untuk Barang Dibawah 50jt.

Legalitas Perusahaan Lengkap Bikin Kamu Gak Khawatir Mau Kirim Bukan?

Gudang Luas Dan Mudah Diakses, Yuk Mampir!

error: Content is protected !!