Jasa Ekspedisi Jakarta Sentani Via Cargo Laut Murah

Cargo Jakarta Sentani Via Kapal Cepat Pelni & Cargo Container

Jasa Ekspedisi Jakarta Sentani Via Cargo Laut Murah

Mekanisme ekspedisi Jakarta Sentani tidak jauh beda dengan ekspedisi ke kota-kota lain di Papua. Yang membedakan hanya rute dan jadwal keberangkatan kapal serta lead time pengiriman. Ekspedisi ke Sentani sendiri menjadi misi Cargonesia Express selanjutnya setelah sukses dengan ekspedisi Jakarta Papua, Sorong, Manokwari, dan seluruh kota di wilayah Indonesia bagian timur.

Secara geografis Papua merupakan provinsi yang terletak paling ujung timur Indonesia. Jarak yang mencapai lebih dari 3 ribu kilometer hanya memungkinkan diakses melalui transportasi laut dan udara. Demikian juga dengan distribusi logistik ke Sentani, pengiriman ke daerah tersebut hanya melalui cargo laut sebagai alternatif ekspedisi murah.

Cargonesia Express menawarkan biaya pengiriman murah ke Sentani dengan lead time lebih singkat. Didukung layanan profesional, persyaratan mudah dan armada laut yang memadai, Cargonesia Express siap menjadi mitra logistik untuk distribusi barang ke Sentani dan kota-kota lain di Pulau Papua. 

Pengiriman Cepat Cargo Jakarta Sentani via Kapal Pelni

Selain ekspedisi ke Sentani, ekspedisi ke Papua juga mencakup pengiriman seluruh kota di Papua dengan jadwal keberangkatan kapal berbeda-beda. Ada beberapa jadwal pelayaran Kapal Pelni yang terlebih dulu sandar di pelabuhan Makassar ada juga yang singgah di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. 

Berikut kota-kota selain sentani yang dilalui oleh kapal cepat Pelni :

  • Sentani
  • Jayapura
  • Sorong
  • Manokwari
  • Biak
  • Wasior
  • Serui
  • Fakfak 

Sama seperti pengiriman ke kota lain di timur Indonesia, pengiriman Jakarta Sentani masih tetap mengandalkan Kapal Cepat Kapal Pelni. Kenapa Cargonesia Express lebih memilih Kapal Pelni dan bukan jenis kapal lainnya?

Kapal Pelni merupakan kapal milik PT. Pelni yang merupakan perusahaan pelayaran pertama di Indonesia. Sejauh ini Kapal Pelni terkenal dengan sebutan kapal cepat. Disebut demikian karena kapal ini mampu menyelesaikan misi pelayaran lebih cepat baik untuk pelayaran kategori penumpang komersial maupun ekspedisi. 

Cukup masuk akal jika Kapal Pelni menjadi pilihan ekspedisi Jakarta Sentani mengingat jarak Jakarta Papua yang mencapai ribuan kilometer. Jadi sudah jelas bahwa Kapal Pelni lebih unggul untuk urusan pengiriman cepat karena juga memiliki jadwal lebih sering dan rutin. 

Ada beberapa nama Kapal Pelni yang bekerjasama dengan Cargonesia Express untuk distribusi logistik ke Sentani dan seluruh kota di Papua. Berikut nama-nama dan rute pelayarannya:

Kapal Pelni Gunung Dempo

Rute: Jakarta (Tanjung Priok) – Surabaya – Makassar – Ambon – Sorong – Manokwari – Wasior – Nabire – Jayapura (PP)

Kapal Pelni Dobonsolo

Rute: Jakarta (Tanjung Priok) – Surabaya – Makassar – Bau-bau – Ambon – Sorong – Serui – Jayapura (PP)

Kapal Pelni Ciremai

Rute: Jakarta (Tanjung Priok) – Surabaya – Makassar – Bau-bau – Ambon – Sorong – Manokwari – Biak – Jayapura (PP)

Sekedar informasi, untuk ekspedisi Jakarta Sentani semua Kapal pelni dengan rute Jakarta Papua diatas akan menurunkan barang kiriman di pelabuhan Jayapura. Selanjutnya barang akan kembali dikirimkan ke Sentani melalui jalur darat (via trucking). 

Sebenarnya selain via Kapal Pelni pengiriman cargo ke Sentani kadang juga menggunakan cargo container. Tentunya terkait rute dan jadwal pelayarannya berbeda dengan Kapal Pelni. Pengiriman via container sendiri merupakan alternatif ekspedisi berbiaya murah. 

Seperti halnya pengiriman dengan container lainnya, kali ini untuk ekspedisi ke Sentani Cargonesia Express menyediakan 2 pilihan container sesuai kapasitas yang dibutuhkan yaitu ukuran 20 dan 40 feet. Tentunya beda kapasitas berbeda juga ongkos kirimnya. 

Ada 2 metode pengiriman yang ditawarkan terkait ekspedisi via container yaitu pengiriman secara FCL (Full Container Load) dan LCL (Less than Container Load). Berikut sedikit gambaran perbedaan dari metode pengiriman diatas.

FCL merupakan metode pengiriman dengan menggunakan satu container secara penuh oleh satu orang customer. Terlepas apakah kuota satu container tersebut terisi penuh atau tidak, biaya kirim tetap dihitung berdasarkan sewa 1 unit container.

Sedangkan LCL merupakan metode pengiriman dimana satu container diisi barang kiriman dari beberapa customer sekaligus. Biasanya untuk pemberangkatan container ke pelabuhan tujuan harus menunggu kuota container terisi penuh. Dari segi biaya bisa dipastikan LCL lebih murah dibanding FCL. Namun dari segi keamanan barang FCL lebih unggul. 

Ongkos Kirim Ekspedisi Jakarta Sentani

Biaya pengiriman murah tetap menjadi prioritas Cargonesia Express untuk setiap pengiriman tujuan luar pulau. Hal ini untuk memenuhi ekspektasi pelangggan dimana ongkos kirim merupakan hal krusial yang selalu menjadi pertimbangan.

Untuk ongkos kirim ekspedisi Jakarta Sentani Cargonesia Express menawarkan harga paling murah yaitu Rp 17.000/kg dengan berat minimal 100 kg. Lead time pengiriman 7-8 hari sejak kapal diberangkatkan dari Jakarta. 

Sedangkan ongkir ekspedisi Jakarta Sentani via cargo container yaitu Rp 8.500/ kg dengan berat minimal 250 kg. Lead time pengirimannya sendiri lumayan lama yaitu 2-3 minggu sejak kapal diberangkatkan dari Jakarta.  

Prioritas Pengiriman Kebutuhan Pokok dan Peralatan Pertanian

Sentani terletak di Kabupaten Jayapura dimana sebagian masyarakat bekerja sebagai petani. Untuk sebagian wilayah perkotaan ada yang berprofesi sebagai pedagang dan bekerja di lingkup perikanan bagi yang tinggal dekat sumberdaya perairan.

Adapun barang-barang yang sering dikirimkan ke Sentani merupakan produk yang berkaitan dengan mata pencaharian masyarakat setempat seperti traktor, mesin giling, benih, pupuk, herbisida, pestisida, sprayer, dan semua alat-alat pertanian. 

Pengiriman juga berupa berbagai kebutuhan pokok, sembako, dan produk tekstil. Banyak juga barang kiriman dari toko e-commerce yang membuktikan bahwa belanja secara online sudah menjadi kebiasaan masyarakat Papua dan Sentani khususnya. 

Beberapa kabupaten di Provinsi Papua termasuk Sentani masih dalam proses pembangunan berbagai infrastruktur, pabrik, gedung sekolah, dan sejumlah fasilitas publik seperti tempat ibadah, bank, dan rumah sakit. Untuk itu pengiriman ke Sentani juga didominasi alat berat serta bahan-bahan yang berkaitan dengan sejumlah pembangunan yang disebutkan tadi. 

Gratis Jemput Barang dan Gratis Asuransi

Bagi Cargonesia Express sangat penting menjaga kredibilitas perusahaan sekaligus menjaga kepercayaan customer. Untuk merealisasikan hal tersebut Cargonesia menawarkan gratis jemput barang dan gratis asuransi dengan persyaratan murah.

Untuk gratis jemput barang berlaku di area Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Layanan free pick-up ini juga berlaku untuk penjemputan daerah lain dengan tarif menyesuaikan. 

Selain free pick-up, gratis asuransi juga ditawarkan Cargonesia sebagai bentuk apresiasi kepada customer terutama yang sudah menjadi pelanggan tetap Cargonesia Express. 

Gratis asuransi berlaku untuk barang kiriman senilai kurang dari Rp 50 juta. Premi sebesar 0.25% dari nilai barang berlaku untuk barang kiriman senilai diatas Rp 50 juta. 

Catatan: Pengiriman motor dan mobil Jakarta Sentani tidak berlaku gratis asuransi. Untuk pengiriman kendaraan bermotor semua berlaku premi 0.25% dari nilai kendaraan. Sekedar informasi bahwa Cargonesia Express tidak memberikan gratis asuransi untuk pengiriman motor dan mobil. Ketentuan ini berlaku untuk seluruh ekspedisi tujuan semua kota di Indonesia. 

Jika ada yang belum jelas terkait informasi ekspedisi Jakarta Sentani silakan Anda chat Customer Service Cargonesia Express. 

Butuh Info Ongkos Kirim Ekspedisi Jakarta Ke Sentani ?

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

Barang yang sering dikirim

Motor, Mobil, Material Konstruksi (Kaca, Semen, Besi, Cat), Bahan Kimia, Peralatan Laboratorium, Alkes (Alat Kesehatan), Obat obatan,  Kabel Haspel / Fiber Optik, Konveksi & Tekstile (T Shirt, Kaos, Baju seragam ), Barang kebutuhan Industri (Water Treatment, Tabung, UPS, Panel Listrik, Panel Surya / Solar Cell, Server, Oli, Genset, Valve, Barang Percetakan), Furniture, Peralatan Safety, Pipa Besi, Pupuk, Barang Promosi, Alat Elektronik Rumah Tangga (Kulkas, AC, TV, Komputer, Mesin Cuci), Mesin & Spare Part ( Alat Berat, Excavator, Forklift, Stone Crusher, Mesin Pabrik, Mesin Traktor, Alat Pertanian, Mesin Pompa, Seal Mechanical), Tower.

Cara menghitung berat volume barang kiriman

Sebelum memutuskan mengirim barang tentu sangat penting bagi anda memperhitungkan budget pengiriman, maka dari itu hal penting yang harus anda ketahui adalah mengetahui berat atau volume pengiriman anda nantinya yang akan dikalikan dengan tarif pengiriman atau ongkos kirim.

Sebagian orang tentu hanya mengetahui bahwa berat yang diambil yaitu berat actual hasil alat timbangan akan tetapi untuk pengiriman cargo juga dihitung volume barangnya, hal tersebut dikarenakan ada beberapa jenis barang yang volumenya besar dan memakan tempat akan tetapi untuk beratnya sangatlah ringan seperti contoh yaitu lemari kulkas, mesin cuci, dan juga kasur.

Adapun perhitungan akan diambil nilai terbesar antara berat actual (Kg) dan volume (Kgv), untuk rumus perhitungan volume sendiri yaitu :

Panjang (cm) x Lebar (cm) x Tinggi (cm) / 4000 = ….Kgv

Perhitungan berikut merupakan perhitungan final, jika misalnya barang anda memerlukan packing estimasi dimensi tentunya akan ditambahkan 8cm tiap sisinya sesuai dengan ukuran kayu yang digunakan untuk packing.

Cara mengetahui estimasi biaya packing

Selain mengetahui estimasi berat dan volume, penting juga bagi anda yang memiliki barang riskan untuk mengetahui estimasi biaya packing pengiriman.

Perhitungan estimasi biaya packing bisa didapatkan dari rumus Est. Volume x Rp. 2000. Tetapi untuk biaya packing sifatnya opsional dan negotiable jadi jika anda memiliki barang yang besar anda tidak perlu khawatir untuk negosiasi packing kepada kami.

Untuk lebih detailnya anda bisa menggunakan kalkulator cargo untuk mengetahui estimasi berat dan juga biaya packing, pastikan bahwa hitungan tersebut adalah hitungan 1 unit/koli barang.

Kenapa Harus Pilih Cargonesia?

Gratis Jemput Barang Bikin Kamu Gausah Ribet Keluar Rumah Dan Lebih Hemat Budget.

✅ Kirim Barang Makin Aman Dengan Gratis Asuransi Untuk Barang Dibawah 50jt.

Legalitas Perusahaan Lengkap Bikin Kamu Gak Khawatir Mau Kirim Bukan?

Gudang Luas Dan Mudah Diakses, Yuk Mampir!