Jasa Pengiriman Antar Pulau Profesional Dan Terpercaya

Jasa Pengiriman Antar Pulau Profesional dan Terpercaya

Saat ini hampir semua perusahaan jasa ekspedisi melayani pengiriman antar pulau. Selain karena permintaan pasar yang tinggi, bertambahnya jumlah jasa pengiriman antar pulau disebabkan semakin lengkapnya alat transportasi pengiriman baik melalui jalur laut, darat, maupun udara.

Mekanisme ekspedisi antar pulau sedikit berbeda dengan pengiriman antar kota. Perbedaan yang cukup mencolok tentunya dari segi ongkos kirim, persyaratan pengiriman dan lead time yang dibutuhkan. Karena itu mayoritas customer sangat selektif memilih jasa ekspedisi, terlebih untuk pengiriman berbiaya tinggi seperti misalnya ekspedisi cargo udara.

Cargonesia Express adalah perusahaan jasa ekspedisi yang memiliki track recod bagus dan punya segudang pengalaman di dunia logistik khususnya pengiriman barang antar pulau. Bukan hanya dari perseorangan namun pelanggan Cargonesia Express juga dari berbagai instansi pemerintahan, perusahaan swasta hingga BUMN.

Ekspedisi Luar Pulau via Cargo Laut dan Cargo Udara. Mana Yang Terbaik?

Semua jasa pengiriman barang antar pulau umumnya menggunakan moda transportasi laut atau udara meskipun ada beberapa pulau tujuan yang dapat diakses alat transportasi darat secara langsung. Lantas mana yang lebih baik apakah pengiriman via cargo laut atau via cargo udara?

Setiap metode pengiriman baik melalui jalur laut maupun udara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kedua cara pengiriman antar pulau ini sangat berbeda dari ongkos dan kecepatan pengiriman. Perbedaan inilah yang menjadi pertimbangan customer karena berkaitan dengan efisiensi biaya dan waktu.

Ekspedisi antar pulau via cargo laut lebih diunggulkan karena diklaim paling murah. Bahkan jika dikalkulasi biaya ekspedisi laut lebih hemat hingga 75% dari biaya ekspedisi udara. 

Kapal laut yang merupakan satu-satunya alat transportasi juga diyakini paling ideal untuk pengiriman antar pulau karena memiliki kapasitas sangat luas. Hal ini sangat bagus untuk men-support pengiriman dalam jumlah banyak.

Ekspedisi melalui jalur laut juga lebih fleksibel karena mampu menangani semua jenis pengiriman bahkan untuk pengiriman mobil dan alat berat. Kekurangan ekspedisi via laut hanya soal lead time yang lebih lama sehingga tidak cocok untuk pengiriman yang sifatnya darurat atau segera. 

Sementara ekspedisi via cargo udara jauh lebih unggul dari segi lead time karena mampu mengirimkan barang antar pulau lebih cepat bahkan bisa sampai dalam satu hari. Tentunya untuk jenis barang yang sifatnya urgent metode pengiriman ini sangat direkomendasikan. 

Kekurangan dari cargo udara yaitu biaya yang sangat mahal dibanding metode pengiriman lainnya. Disamping itu kapasitas ruang pesawat sangat terbatas sehingga kurang cocok untuk pengiriman dalam jumlah banyak. Persyaratan ekspedisi via udara juga cenderung lebih rumit karena membutuhkan dokumen-dokumen khusus yang tidak termasuk dalam persyaratan pengiriman via laut.  

Cara mengirim Paket ke Luar Pulau  

Setiap perusahaan jasa ekspdisi umumnya menggunakan cara mengirim paket atau barang ke luar pulau yang kurang lebih sama. Adapun soal fitur lain seperti diskon biaya, biaya lebih murah, free pick up dan gratis asuransi merupakan kebijakan dari masing-masing perusahaan.

Secara baku berikut prosedur dan cara mengirim paket ke luar pulau yang wajib diketahui customer.

  • Pastikan barang yang dikirimkan bukan kategori barang / benda ilegal atau dilarang undang-undang. 
  • Pastikan barang yang dikirimkan bukan barang berbahaya, bukan dokumen-dokumen penting atau uang karena untuk pengiriman benda-benda tersebut ada mekanismenya sendiri.
  • Sebelum deal dengan jasa ekspedisi tanyakan pada customer service-nya apakah barang yang dikirimkan dapat dihitung per-ton. 
  • Jika ingin mengirimkan barang dalam jumlah besar tanyakan juga apakah ongkos kirim dihitung berdasarkan kubikasi atau berat aktual. Ini penting terutama untuk costumer dengan budget terbatas.
  • Siapkan dokumen-dokumen yang diminta oleh customer service jasa ekspedisi yang diinginkan. 
  • Siapkan biaya kirim sesuai berat atau volume barang yang sudah dihitung menggunakan kalkulator cargo.  

Tips Mudah Memilih Jasa Ekspedisi Antar Pulau Profesional

Memilih jasa ekspedisi terpercaya sangat penting karena berpengaruh terhadap kondisi barang sebelum dikirimkan dan sesampainya di alamat tujuan. Apalagi pengiriman antar pulau sangat riskan dan berisiko barang rusak atau hilang karena tidak ditangani secara profesional.

Untuk mendapatkan jasa pengiriman antar pulau paling murah, cepat, dan aman, berikut tips yang perlu Anda ketahui. 

Perhatikan Fitur dan Layanan

Jasa ekspedisi profesional dan terpercaya biasanya memiliki banyak fitur dan layanan. Semakin banyak layanan yang ditawarkan semakin bagus pula kualitasnya. Minimal jasa ekspedisi antar pulau memiliki layanan standar seperti door to door service, door to port service, port to door service dan port to port service. 

Jasa ekspedisi yang punya banyak pelanggan biasanya juga menawarkan asuransi gratis maupun gratis jemput barang di area tertentu. Tampilan website perusahaan juga terlihat profesional dam dilengkapi fitur tracking untuk mempermudah customer melacak status pengiriman. 

Perhatikan Rute Pengiriman

Meskipun hampir semua perusahaan jasa ekspedisi menawarkan layanan pengiriman antar pulau namun ada sebagian yang hanya memiliki rute pengiriman terbatas. Artinya pengiriman tidak menjangkau seluruh pulau di Indonesia dan kota-kota terpencil didalamnya. 

Pastikan jasa ekspedisi antar pulau yang Anda pilih menawarkan rute pengiriman yang luas dan mencover seluruh pengiriman ke kota-kota seluruh Indonesia. Semakin banyak cakupan kota tujuan pengiriman maka semakin profesional pula jasa ekspedisi tersebut.

Perhatikan Lalu Bandingkan Kualitas Layanan dan Harga

Kebanyakan jasa pengiriman menawarkan biaya ekspedisi luar pulau murah tapi tidak sebanding dengan kualitas layanannya. Karena biaya pengiriman benar-benar bisa dikatakan murah jika dibarengi dengan kualitas layanan yang bagus. 

Sebenarnya murah atau mahal biaya ekspedisi tergantung dari kualitas layanannya. Umumnya ekspektasi costumer sewaktu memilih jasa ekspedisi sebenarnya tidak terlalu tinggi. Mayoritas dari mereka hanya ingin bagaimana supaya barang tetap aman dan sampai tujuan tepat waktu. Intinya soal biaya nomor sekian. 

Kesimpulannya, perhatikan terlebih dulu kualitas layanan yang diberikan (termasuk jaminan keamanan barang) baru kemudian memperhitungkan biaya pengiriman yang ditawarkan.  

Jasa Pengiriman Antar Pulau Murah dan Aman

Cargonesia Express melayani ekspedisi antar pulau dengan tujuan pengiriman mulai dari barat hingga ujung timur Indonesia. Cargonesia menawarkan tarif murah untuk pengiriman ke Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Lombok, Maluku dan Papua. 

Ekspedisi ke pulau-pulau diatas sebagian besar menggunakan moda transportasi laut mulai dari Kapal Roro, Kapal Cepat (Kapal Pelni), Kapal Ferry dan Cargo Container. Semuanya rata-rata bertarif murah dengan skema keberangkatan kapal sudah terjadwal. 

Selain tarif terjangkau Cargonesia Express juga menawarkan gratis jemput barang untuk area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Dan yang paling menguntungkan bagi customer yaitu gratis asuransi untuk semua jenis barang (kecuali mobil dan motor) ke seluruh kota tujuan pengiriman di indonesia. 

Cargonesia Express memiliki jam terbang cukup tinggi terkait distribusi logistik antar pulau. Apapun jenis barang yang ingin Anda kirimkan pastikan hanya Cargonesia Express jasa pengiriman antar pulau yang Anda percaya. 

Kenapa Harus Pilih Cargonesia?

Gratis Jemput Barang Bikin Kamu Gausah Ribet Keluar Rumah Dan Lebih Hemat Budget.

✅ Kirim Barang Makin Aman Dengan Gratis Asuransi Untuk Barang Dibawah 50jt.

Legalitas Perusahaan Lengkap Bikin Kamu Gak Khawatir Mau Kirim Bukan?

Gudang Luas Dan Mudah Diakses, Yuk Mampir!