Jasa Pengiriman Barang via Cargo Laut

Kirim Barang Partai Besar Dengan Harga Murah
Hubungi Sekarang

Tarif Jasa Cargo Laut Via Kapal Pelni

TujuanTarif / KgMinimum Charge (kg)Estimasi (hari)Keterangan
Papua
Jayapura15.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Biak18.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Serui20.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Nabire20.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Timika25.00010014Sejak Kapal Berangkat
Merauke25.00010014Sejak Kapal Berangkat
Wamena37.00020014Sejak Kapal Berangkat
Manokwari15.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Sorong15.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Fak-fak20.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Kaimana20.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Bintuni25.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Sejak Kapal Berangkat
Maluku & Nusa TenggaraSejak Kapal Berangkat
Ambon15.0001005 - 6Sejak Kapal Berangkat
Passo15.0001005 - 6Sejak Kapal Berangkat
Tual15.0001006 - 7Sejak Kapal Berangkat
Dobo25.0001006 - 7Sejak Kapal Berangkat
Saumlaki25.00010010 - 12Sejak Kapal Berangkat
Namlea15.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Masohi15.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Ternate15.0001006 - 7Sejak Kapal Berangkat
Pulau Bacan20.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Sanana20.00010014Sejak Kapal Berangkat
Tobelo25.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Tidore25.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Kupang15.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Sumbawa20.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Dilli30.0003008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Soe17.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Kalabahi20.0002508 - 10Sejak Kapal Berangkat
Bajawa20.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Waika Bubak23.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Waingapu22.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Atambua22.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Bima15.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Dompu15.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Praya13.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Sengigi13.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Mataram15.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Kembar18.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Sumbawa Besar20.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Batu Hijau20.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Maluk22.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Talintang22.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Halmahera25.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Maumere18.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Ende17.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Ruteng17.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Larantuka17.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
SulawesiSejak Kapal Berangkat
Bau - Bau15.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Bone12.0001005 - 6Sejak Kapal Berangkat
Bulukumba16.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Kendari15.0001005 - 6Sejak Kapal Berangkat
Kokaka18.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Majene12.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Makale13.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Makassar9.0001003 - 4Sejak Kapal Berangkat
Mamuju12.0001005 - 6Sejak Kapal Berangkat
Maros10.0001005 - 6Sejak Kapal Berangkat
Palopo12.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Palu13.0001006 - 7Sejak Kapal Berangkat
Pangkajene13.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Pare-pare15.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Polewale15.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Pomala20.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Bitung15.0001005 - 6Sejak Kapal Berangkat
Kota Mubagu15.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Manado15.0001005 - 6Sejak Kapal Berangkat
Tamohon20.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
Gorontalo18.0001007 - 8Sejak Kapal Berangkat
Tondano20.0001008 - 10Sejak Kapal Berangkat
SumateraSejak Kapal Berangkat
Batam9.0001005 - 6Sejak Kapal Berangkat

Jasa Cargo Laut atau yang sering dikenal Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL). merupakan pendistribusian barang dalam jumlah/volume/berat besar dengan menggunakan transportasi laut.

Saat ini jasa cargo laut menjadi opsi yang paling banyak dipilih oleh pebisnis, perusahaan maupun perseorangan karena kemudahan yang ditawarkan. Mengirimkan barang via cargo laut maka pengguna jasa bisa merasakan berbagai kemudahan, termasuk salah satunya biaya yang lebih murah.

Prosedur Pengiriman via Cargo Laut

Umumnya pengiriman via cargo laut dilakukan mengacu pada pertimbangan ongkos kirim (freight rate) paling murah. Namun karena jarak tempuh yang mungkin lebih lama, maka kondisi barang kiriman yang mudah rusak (tidak tahan lama) menjadi hal yang harus dipertimbangkan.

Masih banyak pertimbangan lain, salah satunya produk dalam kemasan yang mudah rusak memerlukan perlakukan khusus untuk menjaga suhu tetap stabil. Untuk itu pengiriman barang berupa sayuran, hasil pertanian, & frozen food sangatlah susah menggunakan armada ini.

Disamping menggunakan cargo container, pengiriman lewat jasa cargo laut juga bisa menggunakan fasilitas non-container. Pengiriman barang via kapal laut tanpa container ini disebut ekspedisi kapal curah (breakbulk).  Berikut uraian singkat terkait pengiriman menggunakan container maupun breakbulk (non-container).

Pengapalan dengan Container dan Kategori Barang Ekspor

Menggunakan container kering atau tanpa pendingin (dry container) relatif lebih aman dan lebih praktis. Untuk itu pengiriman yang jumlahnya terbatas (tidak terlalu besar) umumnya diangkut dalam container. Adapun kondisi pengapalan menggunakan container menurut pengirim maupun penerima dibedakan menjadi beberapa berikut ini.

  1. Full Container Load (FCL)/Full Container Load (FCL). Ini menandakan bahwa muatan yang berada dalam SATU container dikirim oleh SATU Perusahaan Exportir untuk tujuan SATU Perusahaan Importir pada salah satu negera tujuan. Untuk biaya pengiriman dihitung berdasarkan per-container meskipun isinya kurang atau sama dengan 10 MT.
  2. Full Container Load (FCL)/Less Container Load (LCL). Ini menandakan bahwa muatan dalam SATU container dikirim oleh SATU perusahaan Exportir dengan tujuan lebih dari SATU perusahaan importir di negara tujuan. Biaya pengirimannya juga dihitung per-container meskipun isinya kurang atau sama dengan 10 MT.
  3. Less Container Load (LCL)/Less Container Load (LCL). Ini menandakan bahwa dalam SATU container dikirim beberapa perusahaan eksportir sekaligus dari negara asal yang sama, dengan tujuan beberapa perusahaan importir di negara yang sama pula. Adapun ongkos pengirimannya dihitung per-MT/M3 mengacu pada berat/volume, tergantung dari ukuran atau satuan yang lebih besar.
  4. Less Container Load (LCL)/Full Container Load (FCL). Ini menandakan bahwa dalam SATU container sekaligus dikirimkan oleh sejumlah perusahaan eksportir kepada SATU perusahaan importir. Biaya pengiriman umumnya dihitung per-MT/M3 mengacu pada berat/volume, atau tergantung dari ukuran atau satuan yang lebih besar.

Dalam hal ini maskapai pelayaran telah menyediakan cargo kapal cepat dengan rute (trayek) ke sejumlah negara secara periodic. Untuk mendapatkan informasi detail terkait rute yag ditetapkan masing-masing makapai, pihak eksportir bisa menghubungi sejumlah maskapai pelayaran yang diinginkan.

Kapasitas dan Pengamanan Container

Isi atau kapasitas container berbeda-beda, tergantung jenis maupun ukurannya. Secara umum ukuran container yang banyak disediakan di pelabuhan yaitu 20 feet dan 40 feet. Contoh paling mudah, sebuah dry container ukuran 20 feet sanggup memuat beras hingga 25 MT atau gula pasir hingga 26 MT yang dikemas didalam karung ukuran isi 50 kilogram.

Beralih ke sektor pengamanan container selama di perjalanan, meski container terbuat dari lembar baja yang kuat namun keamanan barang kiriman tetap harus jadi prioritas. Adapan langkah-langkah pengamanan container yang dilakukan oleh perusahaan jasa cargo laut diantaranya:

  1. Pengamanan Fisik Container. Container diperiksa terlebih dulu sebelum proses pemuatan barang. Disini apabila terdapat container yang sudah cacat secara fisik (berlubang/bocor) pengirim dapat menolak karena air bisa masuk ke dalam container sehingga merusak isinya. Setelah pemuatan barang, pintu ditutup dan digembok (jika container dimuat di luar pelabuhan). Seal atau segel pengaman juga harus dpastikan aman dan terpasang tepat di pintu container. Pengamanan fisik ini biasanya dilakukan setelah melalui pemeriksaan sebelum container diangkat ke kapal.
  2. Pengamanan Kualitas Barang. Barang disusun dalam container dengan menyisakan sedikit ruang untuk proses sirkulasi udara. Seluruh dinding dan atap container ditempel kertas untuk bahan penyerap air (embun) dan bahan penyerap lembab yang digantung. Ini untuk mengantisipasi kerusakan barang karena selama dalam perjalanan sering terjadi perubahan suhu di luar container yang menyebabkan pengembunan.

Proses Pengiriman Barang via Cargo Laut

Proses pengiriman barang via Cargo Laut sama seperti pengiriman pada umumnya, akan tetapi pengiriman cargo laut disesuaikan dengan jadwal keberangkatan kapal, Untuk kapal cepat Pelni biasanya jadwal pemberangkatan 2 kali dalam seminggu.

NIKMATI JUGA FASILITAS TERBAIK DARI KAMI :

✅Free Pickup Untuk Daerah DKI Jakarta
✅Door to Door Service
✅Penawaran Asuransi Pengiriman
✅Invoice
✅Bukti Data Timbangan Barang
✅Gudang Besar dan Mudah Diakses
✅Parkir Luas
✅Packing (Diluar Biaya Pengiriman)

DAPATKAN PENAWARAN TERBAIK LAINNYA

Hubungi Kami Segera!

 

Butuh Bantuan? Kami Siap Membantu Anda

Ajat

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Ambar

Hai, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Dirman

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00