Banyak sekali terjadi komplain dari customer terkait dengan berat pengiriman, biasanya complain terjadi karena berat hitungan dari customer berbeda dengan hitungan dari perusahaan ekspedisi yang mana selisih berat bisa jadi sangat jauh. Lalu kenapa bisa terjadi hal seperti itu?

Didalam dunia ekspedisi / logistik perhitungan berat tidak hanya dilakukan atau berpatokan pada hasil ukur timbangan, perusahaan jasa ekspedisi juga menghitung volume barang kiriman juga dikarenakan banyak sekali barang kiriman yang memiliki volume sangat besar akan tetapi memiliki bobot yang ringan seperti contoh lemari, kulkas, furniture, spring bed, dan lainnya.

Tentu hal tersebut menambah wawasan anda ketika hendak mengirim barang agar dapat memperhitungkan tarif pengiriman lebih tepat dan tidak kaget ketika hasil perhitungan berbeda dengan yang diberikan oleh perusahaan jasa ekspedisi.

Cara Menghitung Kubikasi Barang Kiriman

Hal pertama yang dilakukan adalah mengukur dimensi dari barang kiriman yaitu Panjang, Lebar & Tinggi menggunakan satuan centimeter (cm). untuk rumusnya dibedakan sesuai dengan armada yang dipilih yaitu darat, laut ataukah udara.

Rumus Kubikasi

Rumus kubikasi pengiriman darat & laut yaitu PxLxT / 4000 = …… Kgv, untuk rumus kubikasi pengiriman udara yaitu PxLxT / 4000 = …… Kgv. Tiap ekspedisi memang mempunyai perhitungan rumus yang berbeda tetapi pada umumnya rumus berikut yang sering digunakan oleh jasa ekspedisi.

Contoh perhitungan berat volume kiriman

Misal barang kiriman anda berat actualnya 90 kg lalu untuk detail dimensinya yaitu 100x50x90. Maka jika menggunakan rumus tadi yaitu  100x50x90/4000 = 112.5 Kg (dibulatkan menjadi 113kg) maka berat yang diambil yaitu 113kg bukan 90 kg karena berat volume lebih besar dibanding berat actual.

Jika pengiriman via udara yaitu 100x50x90/6000 = 75 Kg, dikarenakan berat volume lebih rendah dibanding berat actual maka berat yang diambil tetap berat actual dikarenakan nilai ukur lebih besar.

Jika anda ingin lebih mudah dalam menghitung kubikasi barang untuk pengiriman, anda dapat menggunakan kalkulator cargo dari Cargonesia Express dibawah ini.

NIKMATI JUGA FASILITAS TERBAIK DARI KAMI :

 

✅Free Pickup Untuk Daerah DKI Jakarta
✅Door to Door Service
✅Penawaran Asuransi Pengiriman
✅Invoice
✅Bukti Data Timbangan Barang
✅Gudang Besar dan Mudah Diakses
✅Parkir Luas
✅Packing (Diluar Biaya Pengiriman)

 

DAPATKAN PENAWARAN TERBAIK LAINNYA

Hubungi Kami Segera!

Butuh Bantuan? Kami Siap Membantu Anda

Bella Aulia

Hallo, Bisa Saya Bantu? 00.00

Ajat

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Ony

Hallo, Bisa Saya Bantu? 00.00

Ambar

Hai, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Dirman

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00