Sebagai negara kepulauan, Indonesia terbagi menjadi 3 wilayah, yaitu wilayah Indonesia barat, wilayah Indonesia tengah, dan wilayah Indonesia timur. Ketiga wilayah tersebut memiliki kontur dan medan yang berbeda-beda sehingga dapat mempengaruhi segala kegiatan, termasuk kegiatan pengiriman barang.

Untuk mengirimkan barang ke wilayah Indonesia timur, Anda mungkin akan mengalami kesulitan karena tidak banyak jasa cargo yang melayani pengiriman barang ke wilayah tersebut. Hal ini dikarenakan pengiriman barang ke wilayah Indonesia timur memiliki risiko yang cukup besar, medan yang cukup sulit, jarak yang sangat jauh, dan biaya pengirimannya yang cukup mahal.

Melihat kondisi seperti ini, Cargonesia Express membuka layanan pengiriman barang ke wilayah Indonesia Timur. Cargonesia Express menjadi cargo spesialis wilayah timur terpercaya dengan ongkos cargo murah, pelayanan yang memuaskan, customer support yang berpengalaman, dan keamanan barang yang terjamin selama di perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan. Jika Anda ingin mencari informasi lebih lanjut mengenai pengiriman barang ke wilayah Indonesia timur dengan Cargonesia Express, silakan kunjungi website https://cargonesia.co.id.

Memilih Jasa Cargo Terpercaya Ke Wilayah Indonesia Timur

Untuk mendapatkan jasa cargo yang melayani pengiriman barang ke wilayah Indonesia timur, memang cukup sulit, mengingat risiko yang cukup besar, medan yang cukup sulit, jarak yang sangat jauh, dan biaya pengirimannya yang cukup mahal. Tetapi, lain halnya dengan Cargonesia Express yang menjadi cargo spesialis wilayah timur. Jasa ini melayani pengiriman barang ke wilayah Indonesia timur dengan tarif cargo murah.

Untuk mendapatkan jasa cargo terpercaya yang melayani pengiriman barang ke wilayah Indonesia timur, Cargonesia Express memiliki beberapa tips yang dapat Anda coba, seperti berikut ini.

  1. Pilihlah Jasa Cargo Yang Memiliki Customer Support

Dalam proses pengiriman barang, kendala atau masalah memang dapat terjadi. Jika seperti ini, Anda sebagai pihak pengirim barang pasti membutuhkan informasi. Karena itulah, keberadaan customer support sangat diperlukan dan harus dimiliki oleh jasa cargo terpercaya.

 

  1. Pilihlah Jasa Cargo Yang Memiliki Fasilitas Tracking

Fasilitas tracking sangat diperlukan oleh para pengirim untuk melacak keberadaan atau posisi barang. Jasa cargo terpercaya pasti memiliki fasilitas ini.

 

  1. Pilihlah Jasa Cargo Yang Memiliki Jaminan Keamanan Barang

Jasa cargo terpercaya akan menjamin keamanan barang yang Anda kirimkan selama di perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan.

 

  1. Pilihlah Jasa Cargo Yang Memiliki Jangkauan Luas

Wilayah Indonesia timur memang cukup sulit dijangkau karena jaraknya yang sangat jauh dan medannya yang cukup berat untuk dilalui. Untuk mendapatkan jasa cargo yang melayani pengiriman barang ke wilayah tersebut, Anda harus mencari jasa yang memang memiliki jangkauan luas hingga pelosok-pelosok terpencil.

 

  1. Pilihlah Jasa Cargo Yang Memiliki Kejelasan Ongkos Kirim

Cargonesia Express memberikan tips memilih jasa cargo terpercaya yang salah satunya dilihat dari kejelasan ongkos kirimnya. Mengingat jaraknya yang sangat jauh dan risikonya yang cukup besar, biasanya ongkos pengiriman barang ke wilayah Indonesia timur sangat mahal. Untuk itu, Anda harus menanyakan kejelasan ongkos kirim pada jasa cargo yang ingin digunakan.

 

  1. Pilihlah Jasa Cargo Yang Memiliki Paket Pengiriman Bervariasi

Jasa cargo terpercaya memiliki paket pengiriman yang bervariasi dengan ongkos kirim yang berbeda-beda, seperti paket kilat atau express akan lebih mahal dibandingkan dengan paket regular.

 

  1. Pilihlah Jasa Cargo Yang Memiliki Ketepatan Waktu Pengiriman

Jasa cargo terpercaya pasti memiliki ketepatan waktu dalam proses pengiriman barang, sekalipun mengirimkan barang ke wilayah Indonesia timur.

Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Biaya Cargo

Setiap wilayah di Indonesia memiliki biaya cargo yang berbeda-beda. Perbedaan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti berikut.

  1. Alamat Tujuan

Semakin jauh alamat tujuan dari gudang jasa cargo di kota tujuan, biaya cargo yang harus Anda bayarkan akan semakin mahal.

 

  1. Biaya Tambahan

Biaya tambahan di sini maksudnya adalah jenis pengemasan yang digunakan agar keamanan barang lebih terjaga, seperti peti kayu.

 

  1. Layanan Pengiriman Yang Dipilih

Saat mengirimkan barang, Anda dapat memilih layanan yang diinginkan, seperti diantarkan langsung ke alamat tujuan atau pihak penerima mengambil barangnya sendiri di gudang jasa cargo di kota tujuan. Hal ini tentu memengaruhi biaya cargo yang harus Anda bayarkan.

 

  1. Metode Pengiriman Yang Dipilih

Ada 3 metode pengiriman yang dapat Anda pilih untuk mengirimkan barang, yaitu dengan menggunakan moda transportasi darat, moda transportasi laut, atau moda transportasi udara. Ketiganya memiliki biaya yang berbeda-beda.

 

  1. Ukuran Dan Harga Barang Yang Dikirimkan

Biasanya, semakin besar ukuran barang yang akan dikirimkan, biaya cargonya akan semakin mahal. Sama halnya dengan harga barang, semakin mahal harga barang yang akan dikirimkan, biaya cargonya akan semakin mahal juga. Ukuran dan harga barang akan memengaruhi biaya asuransi yang harus Anda bayarkan untuk menjaga keamanan barang selama proses pengiriman ke wilayah Indonesia timur.

Selain keempat faktor di atas, ada juga faktor lain yang memengaruhi biaya cargo, di antaranya:

  1. Faktor-faktor yang berkaitan dengan pasar, meliputi:
  • Peraturan pemerintah tentang perusahaan transportasi.
  • Faktor alam.
  • Lokasi yang dalam hal ini adalah jarak transportasi.
  • Keseimbangan keluar dan masuk barang.

 

  1. Faktor-faktor yang berkaitan dengan produk, meliputi:
  • Kemampuan stowability atau kemampuan barang untuk mengisi ruang di dalam moda transportasi yang digunakan.
  • Kemudahan dan kesulitan saat loading
  • Kepadatan barang, seperti volume dan berat barang.
  • Kewajiban dalam menjaga keamanan barang.

Strategi Menentukan Biaya Cargo

Sebagai jasa cargo spesialis wilayah timur yang terpercaya, Cargonesia Express selalu berusaha untuk membantu para pelanggan yang ingin mengirimkan barang ke wilayah tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan strategi agar biaya cargo lebih murah. Adapun strategi yang dilakukan oleh Cargonesia Express untuk menentukan biaya cargo murah adalah sebagai berikut.

  1. Memberikan Biaya Cargo Gratis Dengan Syarat Tertentu

Untuk membantu Anda yang ingin mengirimkan barang ke wilayah Indoneia timur, Cargonesia Express akan memberikan biaya cargo gratis pada saat-saat dan dengan syarat tertentu.

 

  1. Melakukan Studi Banding Dengan Kompetitor

Meskipun biaya cargo ke wilayah Indonesia timur terhitung mahal, Cargonesia Express tetap melakukan studi banding dengan para kompetitor yang juga melayani pengiriman barang ke wilayah tersebut. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan ongkos cargo murah sehingga akan lebih memudahkan Anda melakukan proses pengiriman barang.

 

  1. Melakukan Pemetaan Lokasi Para Pelanggan

Melakukan pemetaan lokasi para pelanggan dilakukan oleh pihak Cargonesia Express untuk memberikan pelayanan pengiriman barang yang tepat. Dengan begitu, barang yang dikirimkan ke wilayah Indonesia timur akan lebih cepat sampai tujuan dan lebih terjaga keamanannya.

Jika Anda ingin mengirimkan barang ke wilayah Indonesia timur dengan biaya cargo murah, gunakanlah Cargonesia Express. Sebagai jasa cargo spesialis wilayah timur terpercaya, barang yang Anda kirimkan akan sampai di tempat tujuan dengan selamat.