Mungkin selama ini, Anda mengalami kesulitan saat ingin mengirimkan barang ke wilayah Indonesia timur mengingat jaraknya yang cukup jauh, medannya yang cukup sulit, berbagai risiko yang mungkin terjadi, dan yang paling utama adalah ongkos kirimnya yang cukup menguras kantong. Dengan hal-hal tersebut, banyak jasa ekspedisi yang tidak melayani pengiriman barang ke wilayah Indonesia timur, seperti Maluku dan Papua.
Tetapi saat ini, Anda tidak perlu khawatir dan tidak kesulitan lagi karena Cargonesia Express dapat melayani pengiriman barang ke wilayah Indonesia timur dengan ongkos ekspedisi murah, barang yang terjaga keamanannya, dan pengiriman yang tepat waktu. Jasa ekspedisi yang sudah tidak perlu diragukan lagi kinerjanya ini menjadi cargo spesialis wilayah timur tepercaya di Indonesia.
Saat mengirimkan barang ke wilayah Indonesia timur dengan Cargonesia Express, Anda dapat memilih moda transportasi yang ingin digunakan, seperti moda transportasi darat, laut, dan udara. Salah satu moda transportasi yang banyak digunakan untuk mengirimkan barang, termasuk oleh para pelaku bisnis, adalah moda transportasi laut.
Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Ekspedisi Laut
Jika menggunakan moda transportasi laut untuk mengirimkan barang ke wilayah Indonesia timur, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan. Adapun kelebihan dari ekspedisi laut yang dilakukan oleh Cargonesia Express adalah sebagai berikut.
1. Jangkauan Pengiriman Lebih Luas
Salah satu kelebihan dari ekspedisi laut adalah jangkauan pengirimannya lebih luas hingga ke pelosok terpencil.

2. Lebih Murah
Biaya ekspedisi menjadi hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengirimkan barang, terutama mengirimkan barang ke wilayah Indonesia timur yang memang terbilang sangat mahal. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan moda transportasi laut yang memang memiliki biaya ekspedisi murah dibandingkan dengan moda transportasi lainnya.

3. Ruang Cargo Lebih Luas Dan Lebih Besar
Jika Anda ingin mengirimkan barang, terutama yang berukuran besar, ke wilayah Indonesia timur, menggunakan ekspedisi laut menjadi cara yang paling tepat. Hal ini dikarenakan ekspedisi laut memiliki ruang cargo yang luas dan besar.

Selain kelebihan, ada juga kekurangan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan moda transportasi laut, seperti cuaca di laut yang sulit diprediksi, lokasi barang yang sulit dipantau, dan waktu pengiriman yang lebih lama.
Jenis-Jenis Kapal Untuk Mengirimkan Barang
Berdasarkan jenisnya, kapal yang biasa digunakan oleh Cargonesia Express untuk mengirimkan barang adalah sebagai berikut.
1. Kapal Cargo
Jika menggunakan kapal cargo, Anda harus bersiap dengan waktu pengiriman barang yang cukup lama untuk sampai di tempat tujuan. Hal ini dikarenakan kapal cargo akan berhenti di beberapa pelabuhan yang dilewatinya.

2. Kapal Pelni
Jika menggunakan kapal pelni, Anda akan mendapatkan rute dan jadwal keberangkatan yang lebih luas.

3. Kapal Roro
Biasanya, kapal roro atau kapal cepat akan langsung mengirimkan barang ke pelabuhan besar di tempat tujuan dan tidak akan berhenti di pelabuhan lain. Untuk keberangkatan, kapal ini tidak memiliki jadwal yang pasti karena tidak menunggu muatan hingga penuh.
Sedangkan berdasarkan rutenya, kapal yang biasa digunakan oleh Cargonesia Express untuk mengirimkan barang adalah sebagai berikut.
1. Kapal Linier
Kapal linier adalah kapal yang memiliki tujuan, biaya, dan jadwal yang tetap sehingga akan lebih memudahkan Anda saat ingin mengirimkan barang.

2. Kapal Tramper
Kapal tramper adalah kapal yang tidak memiliki tujuan, biaya, dan jadwal yang tetap atau berubah-ubah sehingga akan lebih menyulitkan Anda saat ingin mengirimkan barang.
Alasan Pengiriman Barang Melalui Laut Lebih Murah
Dibandingkan melalui udara, mengirimkan barang melalui laut memang lebih murah. Dengan tarif ekspedisi murah tersebut, tidak heran pengiriman barang melalui laut menjadi pilihan banyak orang. Melihat kondisi seperti ini, muncullah pertanyaan, mengapa pengiriman barang melalui laut lebih murah?
1. Karena Ada Beberapa Jenis Pilihan Kapal
Jika menggunakan moda transportasi laut, ada beberapa jenis kapal yang dapat Anda pilih. Kapal-kapal tersebut dapat membuat ongkos ekspedisi murah.

2. Karena Ada Beberapa Jenis Pilihan Pengiriman
Jika menggunakan moda transportasi laut, Anda dapat memilih beberapa jenis pengiriman, seperti barang ingin diambil di gudang Cargonesia Express kota tujuan atau dikirimkan langsung ke tempat tujuan.

3. Karena Ada Minimal Pengiriman
Biasanya, biaya yang dikenakan pada Anda saat menggunakan moda transportasi laut ditentukan dari berat minimal barang, misalnya per 25 kilogram, per 50 kilogram, atau per 100 kilogram. Biaya ini tentu jauh lebih murah jika biaya pengiriman barang dihitung per kilogramnya.

4. Karena Barang Yang Dikirimkan Lebih Bervariasi
Salah satu alasan moda transportasi memiliki biaya ekspedisi murah adalah barang yang dikirimkan lebih bervariasi dan lebih fleksibel, dengan catatan barang-barang tersebut bukan barang-barang terlarang.

5. Karena Jangkauannya Lebih Luas
Salah satu kelebihan mengirimkan barang menggunakan moda transportasi laut adalah jangkauannya yang lebih luas, bahkan hingga ke pelosok terpencil.
Proses Pengiriman Barang Melalui Laut
Jika ingin mengirimkan barang ke wilayah Indonesia timur dengan menggunakan moda transportasi laut, Anda harus mengetahui proses pengiriman yang dilakukan oleh Cargonesia Express. Adapun proses pengiriman barang melalui laut adalah sebagai berikut.

1. Proses Pengepakan Barang
Meskipun sepele, pengepakan sangatlah penting untuk menjaga keamanan barang yang akan dikirimkan. Sebelum diserahkan pada pihak Cargonesia Express, Anda harus benar-benar teliti dan rapi dalam mengepak barang.

2. Proses Pelengkapan Dokumen
Setelah proses pengepakan barang selesai, Anda harus melengkapi dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan untuk mengirimkan barang. Dokumen-dokumen yang diperlukan adalah tentang identitas Anda sebagai pengirim barang, identitas penerima barang, dan identitas barang yang akan dikirimkan. Dokumen identitas yang diberikan pada pihak Cargonesia Express haruslah identitas yang asli dan jelas sehingga proses pengiriman barang dapat berjalan dengan lancar.

3. Proses Pengurusan Asuransi Barang
Saat mengirimkan barang, Anda juga harus mengurus asuransinya. Hal ini dilakukan agar keamanan barang tetap terjaga, apalagi barang yang memiliki nilai tinggi.

4. Proses Pengiriman Barang
Setelah proses pengepakan, pelengkapan dokumen, dan pengurusan asuransi selesai, proses yang dilakukan selanjutnya adalah pengiriman barang. Dalam proses ini, ada hal-hal yang harus diperhatikan, seperti cuaca, jarak tempuh, dan waktu pengiriman.

5. Proses Penerimaan Barang
Proses penerimaan barang menjadi proses akhir dalam pengiriman barang melalui laut. Dalam proses ini, Anda dapat meminta pihak penerima mengambil barang di gudang Cargonesia Express kota tujuan atau meminta pihak Cargonesia Express mengirimkan barang langsung ke tempat tujuan.
Menggunakan moda transportasi laut dalam proses pengiriman barang ke wilayah-wilayah di Indonesia, terutama wilayah Indonesia timur, memang menjadi pilihan yang paling tepat karena jangkauannya lebih luas. Selain itu, tarif yang harus Anda bayarkan jauh lebih murah dan lebih terjangkau.
Karena jarak pengiriman yang cukup jauh, medan yang cukup sulit, dan risiko yang dihadapi lebih besar, pilihlah jasa cargo pengiriman barang yang tepercaya, seperti Cargonesia Express. Jasa cargo spesialis wilayah timur ini akan membantu Anda mengirimkan barang hingga ke tempat tujuan dengan keamanan yang terjamin. Untuk informasi lebih jelas, silakan kunjungi website-nya di https://cargonesia.co.id.

Butuh Bantuan? Kami Siap Membantu Anda

Fera

Hi, Ada Yang Bisa Saya Bantu? 00.00

MarwahNomor Telepon : 0811-147-3366

Hai, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Bapak OnyNomor Telepon : 0811189565

Hallo, Bisa Saya Bantu? 00.00

EuisNomor Telepon : 08118073399

Hai, Bisa Saya Bantu? 00.00

IchaNomor Telepon : 08111789233

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

KokomNomor Telepon : 081113804123

Hallo, Bisa Saya Bantu? 00.00

DirmanNomor Telepon : 08111789131

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00