Beberapa tahun terakhir jumlah permintaan kirim motor via kereta api cukup melonjak tajam, terutama pada momen-momen tertentu seperti hari raya atau hari-hari besar lainnya. Selain lebih efektif, cara pengiriman motor via kereta api ini juga sesuai dengan anjuran pemerintah untuk tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan motor. Tujuannya tentu saja untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya.

Selain dari PT KAI (Kereta Api Indonesia) sendiri, saat ini cukup banyak jasa ekspedisi yang melayani pengiriman motor via kereta api. Tentu saja ini sangat menguntungkan pengguna jasa, dimana mereka tidak perlu jauh-jauh datang ke stasiun kereta api untuk melakukan pengiriman.

Bagi pengguna jasa layanan jasa kereta api berikut prosedur dan persiapan kirim motor via kereta api yang perlu dilakukan untuk mempermudah proses pengiriman.

Pilih Jasa Ekspedisi

Jika tidak memungkinkan mengantar motor ke stasiun kereta api, opsi terbaik hanya dengan menggunakan jasa ekspedisi. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya sangat direkomendasikan menggunakan jasa pengiriman motor via kereta api Cargonesia Express.

Selain menawarkan biaya pengiriman murah, dari segi keamanan Cargonesia juga lebih terjamin. Tentunya ini menjadi pertimbangan tersendiri terutama bagi pemilik motor gede, motor kapasitas (cc) besar, atau jenis motor mahal lainnya.

Mengosongkan Bagasi dan Tanki

Ini merupakan persiapan yang penting namun sering diabaikan. Bagasi atau jok motor biasanya penuh dengan barang-barang, misalnya jas hujan hingga alat-alat darurat (obeng, kunci busi, tang, dll). Pastikan barang-barang tersebut dikeluarkan dari bagasi karena ada kemungkinan hilang meskipun bagasi dalam kondisi terkunci.

Seperti halnya bagasi, pastikan tanki motor juga dalam keadaan kosong. Jika jarak stasiun tujuan dengan alamat penerima cukup jauh, sisakan bahan bakar kira-kira cukup untuk jarak tempuh dari stasiun ke alamat penerima. Setelah motor sampai di tempat jasa ekspedisi sebaiknya spion dilepas.

Dokumentasi Pribadi

Untuk dokumentasi pribadi potret motor dari segala sisi sebelum dikirimkan. Ini penting untuk memastikan kesesuaian kondisi motor sebelum dikirimkan dan sesudah sampai di stasiun tujuan. Bagi jasa ekspedisi profesional proses packing motor tidak membutuhkan waktu lama. Serahkan proses ini pada pihak jasa ekspedisi, Anda tidak perlu repot melakukan pengepakan sendiri.

Tanyakan Biaya Pengiriman

Biaya kirim motor via kereta api menggunakan jasa ekspedisi mungkin berbeda dari informasi-informasi di internet. Untuk memastikan kesesuaian budget sebaiknya tanyakan berapa total biaya pengiriman motor kepada pihak jasa ekspedisi. Secara umum biaya pengiriman tergantung dari jenis motor, kapasitas (CC), dan jarak lokasi (stasiun tujuan).

Daftarkan Motor yang Dikirimkan

Setelah sampai di tempat jasa ekspedisi segera temui customer service untuk melakukan pendaftaran motor. Pada proses ini Anda wajib mengisi form dengan identitas, alamat, kelengkapan motor, dan sebagainya. Jangan lupa tuliskan secara lengkap identitas (nama, alamat, nomor telepon) penjemput untuk mempermudah pihak jasa ekspedisi mengidentifikasi kendaraan dan menyesuaikan dengan identitas penerima.

Serahkan kelengkapan Motor

Untuk pengiriman motor via kereta api semua kelengkapan motor harus diserahkan kepada pihak jasa ekspedisi. Selain kunci kontak dan helm (jika ingin disertakan), pengirim juga wajib menyerahkan STNK asli. Berikutnya pengirim akan mendapat salinan surat pengantar barang yang terdapat nomor resi. Nomor resi tersebut sebaiknya diberitahukan ke penjemput motor sekaligus sebagai bukti pengambilan.

Dari tata cara kirim motor via kereta api diatas sepertinya tidak banyak persyaratan yang diperlukan. Prosesnya mudah dan dari segi keamanan juga lebih terjamin. Anda berniat mengirimkan motor dari Jakarta ke luar kota di Pulau Jawa? Pastikan Cargonesia Express jasa ekspedisi yang Anda pilih.

NIKMATI JUGA FASILITAS TERBAIK DARI KAMI :

✅Free Pickup Untuk Daerah DKI Jakarta
✅Door to Door Service
✅Penawaran Asuransi Pengiriman
✅Invoice
✅Bukti Data Timbangan Barang
✅Gudang Besar dan Mudah Diakses
✅Parkir Luas
✅Packing (Diluar Biaya Pengiriman)

DAPATKAN PENAWARAN TERBAIK LAINNYA

Hubungi Kami Segera!

Butuh Bantuan? Kami Siap Membantu Anda

Ajat

Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Ambar

Hai, Ada yang bisa saya bantu? 00.00

Dirman

53Halo, Ada yang bisa saya bantu? 00.00