Melihat Lebih Dekat Pembangunan IKN Nusantara

Melihat Lebih Dekat Pembangunan IKN Nusantara: Mulai Dari Sumber Daya Alam Hingga Proses Pembangunan dan Biayanya

July 25, 2022

Melihat Lebih Dekat Pembangunan IKN Nusantara: Mulai Dari Sumber Daya Alam Hingga Proses Pembangunan dan Biayanya

Isu Ibu Kota negara atau IKN telah lama bergulir setelah Ibukota Jakarta kerap kali mengalami sejumlah bencana alam terutama banjir setiap datang musim penghujan.

Ketika musim penghujan datang disebutkan 50% wilayah Jakarta terdampak banjir dan tanah mengalami penurunan 35-50 centimeter selama kurun waktu 2007-2017.

Alasan lain ibukota RI pindah, yaitu mendorong pemerataan pembangunan wilayah Indonesia Timur. Hal inilah beberapa masalah menjadi alasan mengapa kemudian ibu kota negara dipindahkan ke Pulau Kalimantan, tepatnya Kalimantan Timur.

Mengenal Ibu Kota Negara Nusantara dan Artinya

Setelah master plan ibu kota negara di Kalimantan Timur sudah lama dibuat. Kini, pemerintah RI secara resmi memutuskan memindahkan ibu kota negara ke wilayah pulau Kalimantan.

Lokasi Ibukota negara yang ada di Penajam Paser Utara ini kemudian dinamakan Nusantara, Alasan pemilihan Nusantara sebagai nama ibukota negara baru nama istilah tersebut telah dikenal dan menjadi ikonik di mata internasional.

Sebelumnya telah diajukan lebih dari 80 nama diantaranya nusantara Jaya, Nusa Karya hingga Pertiwi Pura. Namun nama Nusantara akhirnya dipilih oleh Presiden RI Joko Widodo.

Nama Nusantara terkenal setelah diucapkan oleh Patih Gajah Mada pada masa Kerajaan Majapahit abad ke-14, yang berpusat Mojokerto, Jawa Timur.

Lewat sumpah Palapa menguasai wilayah nusantara di luar Pulau Jawa di bawah pemerintahan Majapahit. Nusantara terdiri dari kata nusa berarti pulau, sedangkan kata antara artinya seberang.

Nusantara adalah gugusan atau rangkaian pulau berada di antara benua Asia, Australia termasuk Semenanjung Malaya.Sampai sekarang istilah nusantara kerap digunakan untuk menyebut nama lain Indonesia.

Ibu Kota Negara atau IKN bukan hanya istilah saja, bahkan IKN ini sering digunakan mulai perencanaan pembangunan, rencana pemindahan sampai RUU IKN.

RUU IKN adalah rancangan undang-undang atau konstitusi resmi sebagai payung hukum yang nanti dimanfaatkan pada wilayah Nusantara di kemudian hari.

Hal yang menarik dari IKN RI Nusantara, adalah bagian dari proyek prioritas nasional yang ke depan masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional {RPJMN} tahun 2020-2024.

Selain sebagai dari proyek prioritas nasional, IKM RI Nusantara menurut Presiden RI Joko Widodo juga sebagai kawasan percontohan transformasi di berbagai bidang di Indonesia.

LOKASI IKN NUSANTARA

Letak Ibu Kota Negara ditetapkan secara resmi oleh pemerintah RI berlokasi Provinsi Kalimantan Timur. Tepatnya berada di kawasan Bukit Sepaku, Penajam Paser Utara. Wilayah ini dinilai tepat menggantikan Jakarta sebagai ibukota negara berada di Pulau Jawa.

Akses menuju kawasan Bukit Sepaku tempat yang akan didirikan Ibukota negara jika dari arah Balikpapan dapat memakan waktu 2-3 jam perjalanan dengan menggunakan jalur darat yaitu ke arah jalan Soekarno Hatta lalu lanjut ke jalan Balikpapan – Handil II sampai ke jalan Balikpapan – Samarinda lalu menuju arah bukit soeharto untuk menuju ke jalan Ahmad yani.

Kemudian dilanjutkan melalui jalan provinsi terus berlanjut ke kawasan Konsesi Hutan Tanaman Industri. Kawasan Hutan Tanaman Industri {HTI} ini berupa perbukitan memiliki luas 56.000 hektar.

Seluas 56.000 hektar berada di kawasan bukit Sepaku Semoi ditetapkan sebagai lokasi ibukota negara baru. Kemudian sekitar kawasan tersebut berbatasan dengan beberapa wilayah.

Sebelah Selatan berbatasan wilayah Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Teluk Balikpapan yang terdiri Kecamatan Balikpapan Barat.

Selanjutnya Kecamatan Balikpapan utara dan Kecamatan Balikpapan Timur. Kemudian batasan bagian Barat dengan wilayah Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

jalan provinsi spaku

Sebelah Selatan berbatasan wilayah Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Teluk Balikpapan yang terdiri Kecamatan Balikpapan Barat.

Selanjutnya Kecamatan Balikpapan utara dan Kecamatan Balikpapan Timur. Kemudian batasan bagian Barat dengan wilayah Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sebelah Utara juga berbatasan dengan wilayah Kecamatan Loa Kulu, Kecamatan Loa Janan dan wilayah Kecamatan Sanga-sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara.

SUMBER DAYA ALAM IKN NUSANTARA DI PENAJAM PASER UTARA DAN KUTAI KARTANEGARA

Sebelum mengenal lebih jauh kekayaan sumber daya yang dimiliki Penajam Paser Utara. maka ada baiknya mengetahui sejarah Penajam Paser Baru dan sebagian wilayah Kutai Kartanegara.

Sebelum menjadi Penajam Paser Utara dahulu dikenal dengan nama Kabupaten Paser, tetapi sebagian masyarakat setempat ingin memiliki kabupaten sendiri bernama Penajam Paser Utara tahun 2002.

Kabupaten Penajam Paser Utara terdiri dari 4 kecamatan, yaitu Penajam, Waru, Babulu dan Sepaku. Pada perkembangannya pemerintah Ri kemudian, menetapkan Penajam Paser Utara sebagai ibukota negara RI baru, tepatnya Sepaku Semoi.

Alasannya, daerah ini dianggap tidak mempunyai potensi gempa, erupsi. Kemudian kondisi tanah memiliki topografi lahan datar dan sumber daya alam yang dimiliki daerah ini juga banyak melimpah.

Ada sederet sumber daya alam bisa dijumpai di daerah ini antara lain perkebunan, pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, perikanan, pertambangan dan kehutanan.

Kutai Kartanegara, adalah hasil pemekaran Kabupaten Kutai tahun 1999 dengan kondisi tanah bergelombang, berbukit kemudian landai dan curam.

Hal lain penting sebagian besar penduduknya terdiri warga asli dan pendatang, meliputi Jawa, Bugis, sampai suku Madura. Wilayah yang menjadi lokasi ibukota negara baru di Kutai Kartanegara, adalah Kecamatan Samboja.

Kabupaten Kukar juga menyimpan kekayaan sumber daya alam melimpah meliputi minyak bumi, gas alam dan batubara. Batu bara di wilayah kabupaten mempunyai potensi yang cukup besar.

Jumlah batubara yang diproduksi oleh Kutai Kartanegara mencapai ratusan ribu ton dari 73 perusahaan. Hal ini pula membuat pertumbuhan ekonomi kabupaten ini meningkat pesat.

JENIS INVESTASI YANG COCOK DI IKN RI NUSANTARA

Semenjak lokasi ibukota baru ditetapkan di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara geliat ekonomi di daerah ini terus meningkat cepat. Tidak hanya pertumbuhan ekonomi terus mengalami kenaikan luar biasa.

Namun IKN Nusantara kini menjadi mesin baru penggerak ekonomi RI, alasannya bidang pembangunan infrastruktur di daerah ini mempunyai inovasi baru sehingga menjadi percontohan nasional.

Hal ini memberi dampak luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi diberbagai sektor. Meski demikian, sektor mana yang dinilai menjanjikan dan berpeluang meraih kesuksesan dari deretan investasi yang memiliki potensi.

Ada sederet jenis investasi yang berpeluang meraih kesuksesan besar, bila nanti tinggal di wilayah ibukota baru. Deretan investasi tersebut bisa dicoba di antaranya; properti, hotel, sekolah hingga minimarket.

Sederet jenis investasi ini dapat menjadi ladang baru yang menjanjikan dan menguntungkan di masa depan. Properti salah satu jenis investasi yang dapat dicoba keberuntungan ketika tinggal di Penajam paser Utara atau Kutai Kartanegara.

Ada ratusan ribu ASN yang akan tinggal di kota ini sudah pasti membutuhkan hunian layak, maka property menjadi solusi investasi terbaik dengan membeli tanah terlebih dahulu sebagai persiapan.

Jenis investasi lainnya yang menarik berinvestasi di IKN Nusantara, yaitu minimarket dan pusat perbelanjaan. Peluang investasinya cukup memberi kesuksesan.

Alasannya, kebutuhan pokok dibutuhkan, maka membuka jenis bisnis ini membuka jalan meraup keuntungan besar. Masih banyak jenis bisnis usaha lainnya yang dapat dikembangkan di IKN Nusantara.

Meski demikian penting memperhatikan kepastian waktu kapan ASN pindah ke Kalimantan.

PROSES PEMBANGUNAN IKN NUSANTARA

Tahun 2022 menjadi awal proses pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur hingga 2024.

Pada tahun 2024 ini secara bertahap pemerintah akan pindah ke IKN Nusantara.

IKN

Pada tahap pertama ini istana negara yang akan mengawali perpindahannya ke Kalimantan. Kemudian disusul beberapa kementrian juga ikut pindah antara lain Kementerian Dalam Negeri. Tahap berikutnya Kantor Kementerian Luar Negeri, Kantor Kementerian Pertahanan dan Kantor Sekretaris Negara.

Pada tahap 2022-2024 menjadi awal pemindahan ibukota ke IKN dan pembangunan istana Kepresidenan, gedung DPR/MPR RI.

Kemudian pembangunan perumahan hingga pemindahan ASN ke ibukota baru, maka pembangunan IKN Nusantara harus selesai tahun 2024 yang membangun kawasan 6.600 hektar dan 56.000 kawasan perkotaan.

2022-2024 merupakan tahap pertama pembangunan kawasan ibukota baru.Kemudian tahap kedua dimulai tahun 2025-2035 merupakan pembangunan fase kota dan pemindahan pemerintahan IKN.

Selain itu, pengembangan sektor ekonomi prioritas juga menjadi perhatian pada tahap kedua ini. Dari sini kemudian akan membentuk dan muncul pusat perekonomian baru yang inovatif.

Investor bisa memainkan peran penting membangun investasi besar di kawasan IKN Nusantara. Mulai dari investasi properti, minimarket dan lainnya.

Tidak hanya fokus pembangunan ibukota untuk kantor kepresidenan, gedung DPR/MPR saja. Moda transportasi mendapat perhatian pemerintah dengan moda transportasi minim emisi, yaitu transportasi umum dan sepeda.

Kemudian lingkungan hijau tidak luput dari perhatian dengan pembangunan kawasan konservasi termasuk hewan endemik Kalimantan Bekantan mendapat perhatian, yaitu kawasan konservasi seluas 410.000.

Hal menarik kawasan IKN Nusantara nanti tidak ada klaster industri, tetapi hanya klaster pendidikan, kesehatan dan riset teknologi. Pada klaster pendidikan akan ada universitas kelas dunia sebagai pengembangan Sumber Daya Manusia.

HITUNG-HITUNGAN BIAYA PEMINDAHAN IBUKOTA JAKARTA KE IKN NUSANTARA

Sesudah Undang-undang IKN disahkan dinyatakan resmi oleh DPR RI sebagai Undang-Undang, maka sekarang tinggal menghitung ongkos pemindahan dari Jakarta ke IKN.

Lalu, berapa ongkos proses pemindahan ibukota negara?. Menurut informasi Presiden Joko Widodo menyebut membutuhkan dana Rp 466-500 triliun yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara [APBN ]dan investor.

Pada perkembangannya biaya pembangunan IKN Nusantara tidak selamanya terhadap anggaran negara APBN. Kemudian berasal dari kerjasama pemerintah dan badan usaha.

Tidak hanya bekerjasama dengan pihak badan usaha, melainkan investasi swasta. Seluruh pembiayaan pembangunan IKN tercantum jelas dalam draf RUU IKN, yang disahkan tanggal 18 Januari 2022.

RUU IKN pasal 24 ayat 1, menyebut pembiayaan pembangunan hingga penyelenggaraan pemerintah IKN berasal APBN dan sumber lainnya sesuai peraturan undang-undang.

Kemudian dana pembangunan ibukota baru 19% atau berkisar Rp 89,472 Triliun dari APBN. Dana sebesar ini dipergunakan pembangunan infrastruktur layanan dasar, yakni istana negara,

Berikutnya membangun bangunan strategis, meliputi; gedung TNI/Polri, rumah dinas PNS/TNI/POLRI, pangkalan militer, hingga ruang terbuka hijau.

Kemudian dilakukan bersama pemerintah dan investor swasta sebesar 26,2 % atau berkisar RP 122,092 triliun. Dana sebesar itu dimanfaatkan membangun perumahan umum, perguruan tinggi.

Kemudian pembangun pelabuhan, bandar udara , jalan tol, sarana kesehatan dan shopping mall. Sisanya sebesar 54,6 atau berkisar Rp 254,436 triliun.

Dana sebesar itu untuk pembangunan antara lain gedung eksekutif, legislatif, yudikatif, sarana kesehatan, museum,lembaga pemasyarakatan dan sarana penunjang.

Adapun skema pembiayaan pembangunan IKN sampai tahun 2024 dibebankan pada APBN sebesar 53,3%. 

Kerjasama lainnya juga dilakukan pemerintah dengan pihak swasta dan BUMN sebesar 46,7 %. Selanjutnya pembiayaan IKN ditingkatkan melalui investasi KPBU, serta swasta pada tahun 2024 dan seterusnya .

Kemudian hal menarik IKN Nusantara adalah kepala Otorita yang menjadi pemimpin Ibu Kota Negara Nusantara, atau disebut dengan Otorita IKN.

Kepala Otorita IKN diatur dalam RUU IKN, yang bertugas penyelenggara pemerintah khusus IKN. Kemudian Ia mengurus proses pemindahan dan pembangunan ibukota negara baru.

Ia merupakan lembaga setingkat kementerian yang dibentuk pelaksanaan, persiapan, pembangunan, pemindahan hingga penyelenggaraan pemerintahan khusus IKN.

Pada RUU IKN pasal 25 kepala otorita mempunyai kewenangan menyusun rencana kerja dan anggaran IKN. Kemudian kepala otoritas ini bertanggung jawab penuh atas pembangunan IKN sampai selesai.

KONTRIBUSI CARGO DALAM PEMBANGUNAN IBUKOTA BARU

Ketika proses pembangunan ibukota negara RI baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara berlangsung peranan industri memberi efek besar.

Pada saat ini hingga beberapa tahun ke depan banyak membutuhkan berbagai kebutuhan termasuk proyek konstruksi. Proyek konstruksi ini meliputi teknologi hingga material.

Alasannya, pada pembangunan ibukota negara baru nanti akan banyak yang akan dibangun. Infrastruktur, perumahan, sekolah dan lainnya dalam skala besar, maka peran jasa logistik IKN dalam pembangunan tidak diragukan lagi.

Pertumbuhan ekonomi bisnis yang pesat mendorong munculnya bisnis jasa pengiriman barang kemudian ditunjang infrastruktur membuat bisnis ini menjamur dimana-mana.

Cargo dan ekspedisi bagian penting dari jasa logistik yang bergerak dalam bidang pengiriman barang. Pembangunan ibukota baru juga membutuhkan banyak jasa cargo maupun ekspedisi, karena lokasinya berada diluar Pulau Jawa sudah pasti membutuhkan pengiriman barang dalam jumlah besar dan banyak.

Ada banyak jasa cargo yang menawarkan pengiriman barang dalam jumlah besar di antaranya JNE JTR, Kalog hingga Cargonesia. 

kontribusi cargonesia

Cargonesia salah satu jasa pengiriman dalam jumlah besar yang terpercaya melalui jalur darat, laut dan udara. Kemudian dalam melayani pengiriman barang memakai jenis kapal pelni, kapal cargo.

Kemudian Cargonesia juga melayani pengiriman jasa cargo udara yang bekerjasama dengan maskapai penerbangan komersial, antara lain Garuda, Lion Star dan lainnya Pesawat yang digunakan juga berkualitas dan berpengalaman.

Jasa cargo laut menjadi pilihan dalam pengiriman barang melalui laut dengan kargo Full Container Load atau Kubikasi. Kapal kargo bisa mengirim jumlah besar ke berbagai daerah Pulau Sumatera hingga Papua.

Masih banyak lagi layanan terbaik Cargonesia, meliputi jasa cargo kapal cepat PELNI, Jasa cargo dengan dengan menggunakan kendaraan mobil,motor hingga jasa pengiriman alat berat dengan pelayanan terbaik cepat dan aman.

Bukan hanya melayani pengiriman dalam jenis cargo,tetapi juga dalam bentuk ekspedisi dengan layanan tujuan berbagai kota harga terjangkau.

Salah satunya jasa ekspedisi Jakarta Penajam Paser Utara yang sekarang Penajam menjadi pusat perhatian masyarakat dunia berkaitan pembangunan ibukota negara baru

Cargonesia pun ikut mendukung pemindahan ibukota dari Jakarta ke Penajam paser, maka Cargonesia memberikan pelayan terbaik dengan menyediakan berbagai layanan terbaiknya, termasuk cargo dan ekspedisi.

KEUNGGULAN CARGONESIA EXPRESS

Pembangunan ibukota negara RI baru yang sedang berlangsung di Penajam Paser utara tentu memberi dampak positif bidang ekonomi hingga industri termasuk pengiriman barang dan jasa.

Hal ini memang dibutuhkan di masa depan mengingat proses pembangunannya memerlukan waktu puluhan tahun 2022-2045. Peran penting industri yang bergerak dibidang jasa juga memberi pengaruh besar dalam proses pemindahan ibukota dari Jakarta ke Pulau Kalimantan.

Cargo Penajam Paser salah satu perusahaan jasa yang bergerak dalam pengiriman barang dan jasa ingin ikut berperan aktif dalam pembangunan ibukota baru di provinsi Kalimantan Timur.

Ada banyak deretan cargo yang ada di Penajam Paser Utara yang menawarkan industri fokus pengiriman. Salah satunya jasa cargo Cargonesia yang berkantor di Jakarta bisa menjadi alternatif pilihan.

Cargonesia salah satu perusahaan jasa pengiriman paket barang bergerak di bidang ekspedisi serta logistik, yang melayani layanan domestik ke seluruh Indonesia.

Layanannya terbaik baik darat, laut dan udara dalam berbagai jenis pengiriman barang, mulai alat berat, pindahan rumah, hingga material. Kemudian moda transportasi kapal, pesawat terbang da angkutan darat.

cargonesia ikn

Lewat jasa cargo Cargonesia memudahkan dalam pengiriman keunggulan Cargonesia di antaranya tarif kompetitif dan customer handal.

Kemudian memiliki tim profesional, moda transportasi variatif hingga pengiriman tepat waktu. Dari deretan keunggulan Cargonesia salah satu yang perlu mendapat perhatian, adalah memiliki tim profesional.

Tepat waktu dalam proses pengiriman adalah layanan terbaik Cargonesia, karena terdiri dari tim profesional yang berpengalaman dibidangnya.

Maka barang telah dikirim dijamin keamanannya,ketepatan waktu sampai tujuan.Tarif kompetitif didukung moda transportasi yang variatif juga menjadi keunggulan Cargonesia.

Jangan ragu pilih dan kirim barang besar dan berat via Cargonesia sebagai mitra jasa pengiriman cargo yang selalu terbaik melayani sepenuh hati.

5/5 - (11 votes)

Cargonesia Express

Related Posts

Ekspedisi Jakarta Ke Gorontalo

Ekspedisi Jakarta Ke Gorontalo

Ekspedisi Jakarta Ke Gorontalo MurahJasa ekspedisi Jakarta ke Gorontalo memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama mereka yang ingin boyongan tetapi tidak ingin ribet dan inginnya barang dikirimkan terlebih dahulu ke tempat tujuan.  Oleh karena alasan...

Pengertian Ekspedisi dan Berbagai Penjelasannya

Menurut KBBI, pengertian ekspedisi yaitu pengiriman barang ataupun perusahaan pengangkutan barang. Selain itu, pengertian ekspedisi juga bisa penyelidikan ilmiah di daerah tertentu maupun pengiriman perang untuk para tentara. Banyak sekali pengertian dari kata...

Comments

0 Comments

error: Content is protected !!