Masih berkaitan dengan jasa ekspedisi, shipping merupakan istilah yang cukup familiar bagi mereka yang berkecimpung di dunia logistik. Istilah ini tidak hanya terbatas pada aktivitas pengiriman domestik namun juga digunakan dalam cakupan global atau eksport import.

Shipping sendiri dapat didefinisikan secara universal terlebih istilah ini cukup populer dalam transaksi e-commerce atau bisnis online dewasa ini. Dengan kata lain shipping menjadi bahasa keseharian bagi mereka yang terlibat dalam transaksi jual beli antara produsen dan konsumen melalui perantara jasa ekspedisi.

Lantas apa arti shipping, syarat shipping dan apa saja jenis-jenisnya? 

Pengertian Shipping

Jika diterjemahkan dalam bahasa internasional shipping artinya pengiriman. Istilah shipping sendiri umumnya digunakan untuk pengiriman baik berupa paket maupun barang lain yang melibatkan jasa pengiriman barang atau perusahaan ekspedisi. 

Awalnya shipping hanya digunakan untuk ekspedisi laut namun istilah ini kemudian melebar dan digunakan untuk ekspedisi via jalur darat maupun udara.

Disini jika diartikan lebih spesifik shipping artinya proses pemindahan barang dari satu tempat ke tempat lain dan memakan waktu dalam durasi tertentu. Contohnya pemindahan barang dari gudang kepada konsumen melalui jasa ekspedisi. Proses shipping sendiri mengikuti pembuatan dan pengemasan barang lalu dikendalikan secara penuh oleh jasa logistik.

Jika mengacu pada pengiriman jalur darat maka pengiriman jenis ini termasuk paling hemat biaya meskipun dikenal sebagai pengiriman yang relatif lambat. Ini disebabkan karena pengiriman darat bisa memakan waktu hingga 10 hari dan bahkan bisa lebih lama pada hari-hari tertentu. 

Shipping atau pengiriman paling cepat satu-satunya hanya melalui jalur udara namun resikonya biaya yang dikeluarkan sangat mahal. Opsi layanan berbiaya hemat lainnya yaitu melalui jalur laut meskipun estimasi waktu yang dibutuhkan kadang lebih lama bahkan sampai berminggu-minggu. 

Karena terbukti lebih hemat maka shipping via jalur laut lebih banyak dipilih oleh para pebisnis. Shipping menggunakan kapal laut juga lebih besar dalam hal kapasitas muat dibanding shipping darat ataupun udara. Pengiriman via laut juga lebih fleksibel karena shipper (pengirim) dapat menyesuaikan jumlah barang dengan kapasitas kapal. Demikian juga dokumen shipping yang dibutuhkan sifatnya sangat umum dan lebih mudah proses kepengurusannya.

Jenis-jenis Kapal Shipping

Karena pengiriman via jalur laut sangat populer dan lebih banyak dipilih customer dan distributor maka disini kita akan membahas jenis-jenis kapal yang biasanya digunakan pada shipping laut.

Kapal Cargo Umum (General Cargo)

Kapal cargo umum atau general cargo ini fungsinya untuk mengangkut semua jenis kargo. Muatan yang dimaksud seperti barang-barang curah hingga container. 

Jenis kapal ini sering digunakan untuk proses shipping karena kapasitasnya yang sangat luas. Jenis general cargo memiliki kapasitas mulai dari 5000 dwt hingga 25.000 dwt. Kapal ini dilengkapi twin decker sehingga dikenal sebagai kapal multi-fungsi karena mampu mengangkut berbagai jenis muatan barang.

Kapal Cargo Curah

Selain general cargo, opsi berikutnya untuk proses shipping via laut yaitu kapal cargo curah. Seperti namanya jenis kapal ini lebih diutamakan untuk mengangkut bahan-bahan curah atau juga dikenal dengan bulk carrier. 

Kapal cargo curah cukup banyak dioperasikan karena mobilitasnya sangat tinggi. Dikatakan demikian karena tugas kapal ini mengangkut berbagai jenis hasil hutan, hasil pertanian, hasil tambang ataupun muatan lain yang tidak membutuhkan container. 

Kapal Kontainer

Seperti namanya kapal container merupakan jenis kapal shipping yang khusus mengangkut peti kemas atau container. Adapun container yang dimaksud bermuatan berbagai macam barang termasuk juga kendaraan bermotor. Pendek kata fungsi utama kapal ini yaitu mengangkut barang yang membutuhkan pengemasan.

Biasanya kapal container digunakan untuk aktivitas eksport import meskipun saat ini juga digunakan untuk shipping barang lokal melalui jalur laut. 

Syarat Shipping

Ada beberapa syarat shipping yang harus dipenuhi oleh shipper dan pihak terkait. Adapun salah satu syarat yang paling dibutuhkan adalah dokumen shipping untuk melakukan aktivitas pengiriman via laut. Dokumen-dokumen yang dimaksud diantaranya:

Resi Gudang

Dokumen ini digunakan sebagai alat bukti tertulis yang membuktikan bahwa barang sudah diterima dari pengirim (shipper).

Resi Mualim

Dokumen ini juga berupa resi yang diterbitkan oleh pihal kapal untuk membuat Bill of Lading (B/L).

Bill of Lading

Bisa dikatakan Bill of Lading merupakan dokumen yang wajib dimiliki ketika melakukan shipping via laut. Dokumen ini fungsinya sebagai tanda bukti penerimaan dan dokumen perjanjian sekaligus bukti kepemilikan barang. 

Packing List

Packing list merupakan dokumen yang fungsinya cukup krusial karena berisi jenis barang, berat barang atau volume barang secara keseluruhan. Singkatnya, semua barang dicatat secara detail dan rapi dalam dokumen ini. 

Manifest

Manifest adalah dokumen yang berisi kumpulan Bill of Lading dimana didalamnya tercantum semua kargo seperti yang tertulis di dokumen B/L. 

Selain dokumen-dokumen diatas masih ada lagi dokumen penting lainnya yaitu shipping order (shipping instruction). Dokumen ini diterbitkan sebagai perintah pengiriman oleh shipper kepada perusahaan jasa ekspedisi yang dipilih. Dalam dokumen tersebut tercantum detail barang yang nantinya akan dikirimkan misalnya jenis barang, berat/volume dan identitas pengirim dan penerima. Shipping order sendiri hanya dibuat oleh pihak shipper. 

Perusahaan Shipping

Shipping company atau perusahaan shipping adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang layanan jasa ekspedisi via darat dan laut. Sejalan dengan laju perekonomian dibarengi permintaan pasar yang tinggi maka peran perusahaan shipping cukup penting di Indonesia.

Sebagai layanan yang berfungsi sebagai ‘jembatan’ antara konsumen dan distributor, perusahaan shipping di Indonesia kian intens meningkatkan kualitas layanan termasuk diantaranya menyediakan armada laik uji serta tarif shipping murah.  

Bicara mengenai perusahaan shipping, Cargonesia Express merupakan perusahaan jasa ekspedisi yang melayani shipping via jalur laut secara cepat dan terjadwal. Selain itu Cargonesia juga menggunakan armada laut lengkap seperti kapal cargo curah, general cargo maupun kapal container. Dengan demikian pilihan armada bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Shipping via laut bersama cargonesia Express 100% terjamin keamanannya. Perlu Anda garisbawahi bahwa Cargonesia menawarkan gratis asuransi berdasarkan nilai barang yang Anda kirimkan. Satu lagi, Cargonesia menyediakan fasilitas jemput barang tanpa dipungut biaya (area Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi).

Jika shipping melalui jalur laut adalah solusi pengiriman berbiaya murah, Cargonesia Express juga menawarkan tarif pengiriman yang kompetitif bahkan paling murah untuk area Jakarta. Tersedia banyak layanan yang bisa Anda pilih seperti door to door, port to door atau port to port. 

Layanan yang variatif ini memberi keleluasaan bagi Anda untuk menyesuaikan antara estimasi pengiriman, budget dan tingkat urgency barang. Semuanya bisa Anda tentukan sendiri. Dalam hal ini Cargonesia tetap melayani pengiriman mulai dari skala kecil hingga skala besar. 

Shipping via laut bersama Cargonesia Express adalah solusi paling tepat bagi Anda yang menginginkan pengiriman cepat berbiaya murah. Hubungi Costumer Service kami untuk informasi lengkap terkait tarif, ketersediaan armada dan jadwal pengiriman.   

error: Content is protected !!