Hampir semua perusahaan jasa ekspedisi menyediakan layanan pengiriman dengan prosedur dan biaya berbeda, Setidaknya ada 3 layanan utama yang ditawarkan yaitu pengiriman via ekspedisi darat (trucking), ekspedisi laut (cargo laut) dan ekspedisi udara (cargo udara).

Dari ketiga layanan pengiriman diatas masing-masing memiliki karakter dan proses berbeda, demikian juga dengan tarif yang berlaku. Terkait layanan mana yang paling tepat tentunya tergantung dari tingkat urgency barang dan budget pengiriman yang disediakan. 

Kendati demikian jika bicara mengenai efisiensi tarif pengiriman, ekspedisi laut adalah metode pengiriman paling tepat. Mengapa demikian? Sejauh ini pengiriman via jalur laut lebih banyak disukai karena tarifnya paling murah. Kekurangannya mungkin hanya soal estimasi waktu yang sedikit lebih lama. 

Nah, apa saja yang termasuk dalam ekspedisi kapal laut yang konon diklaim paling murah diantara metode pengiriman lainnya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL)

Perusahaan ekspedisi yang memberi layanan pengiriman dalam jumlah besar dan berat via jalur laut umumnya tergabung dalam asosiasi Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL). Sebutan EMKL sendiri diberikan oleh pemerintah berdasarkan beberapa kriteria termasuk pengiriman besar dan berat atau disebut cargo laut.

Dalam hal ini keuntungan tidak hanya diperoleh perusahaan ekspedisi namun pihak pengirim (shipper) juga mendapat keuntungan dan kemudahan. Salah satu yang paling signifikan yaitu biaya yang lebih murah.

Dalam wadah EMKL terdiri dari perusahan-perusahaan ekspedisi yang memiliki jam terbang dan pengalaman lebih banyak di dunia jasa logistik. Sejalan dengan perkembangannya, EMKL sering menjadi pilihan utama customer dan distributor karena berbagai pertimbangan. 

Salah satu pertimbangannya yaitu biaya pengiriman via ekspedisi muatan kapal laut dapat diminimalkan. Selain itu tidak ada batasan jumlah maupun dimensi barang yang didistribusikan, sehingga customer lebih leluasa mengirimkan barang ke daerah tujuan. 

Lantas apa yang menyebabkan tarif pengiriman ekspedisi muatan kapal laut lebih murah? Jika dikalkulasi lebih detail, EMKL memang menawarkan tarif pengiriman lebih murah terutama jika dilihat dari rumus penghitungan tarifnya. 

Tarif ekspedisi muatan kapal laut dihitung berdasarkan berat aktual barang (kilogram) dan kubikasi kemudian dibagi dengan 4000. Penghitungan dengan rumus ini hasilnya jauh lebih rendah dibanding rumus yang digunakan untuk menentukan tarif ekspedisi via udara. 

Yang perlu menjadi catatan, ada beberapa perusahaan yang memberlakukan persyaratan khusus terkait pengiriman barang via cargo laut. Persyaratan yang dimaksud misalnya minimal berat barang 50 kilogram, 100 kilogram keatas dan sebagainya. 

Ketentuan khusus ini berlaku hampir di semua perusahaan ekspedisi di Jakarta dan bisa saja berubah sewaktu-waktu atau tergantung kota tujuan. 

Selain tarif lebih murah, pengiriman via ekspedisi muatan kapal laut juga lebih bebas. Dalam hal ini bukan berarti customer bebas mengirimkan barang ilegal atau barang yang terkendala sistem perundang-undangan. 

Dikatan lebih bebas karena melalui ekspedisi laut customer bisa mengirimkan berbagai jenis barang yang tidak bisa diakomodasi oleh ekspedisi darat dan ekspedisi udara. Contoh-contoh barang tersebut seperti cairan kimia yang mudah terbakar, pestisida, barang yang mudah meledak, produk elektronik dengan kondisi baterai aktif dan sebagainya.

Ekspedisi Cargo Laut via Kapal Pelni

Kita mengenal berbagai jenis alat transportasi untuk ekspedisi cargo darat. Demikian juga untuk perusahaan yang tergabung dalam ekspedisi muatan kapal laut tentu memiliki beragam alat transportasi. 

Salah satu yang paling diandalkan untuk pengangkutan cargo laut yaitu Kapal Pelni. Sebagai informasi saat ini PT Pelni memiliki setidaknya 26 kapal penumpang, 7 kapal barang komersial, 5 kapal barang tol laut, dan 1 kapal ternak. 

Berbagai jenis Kapal Pelni tersebut dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan distribusi logistik dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Dalam hal ini untuk kebutuhan pengiriman barang, perusahaan ekspedisi melalui EMKL menggunakan kapal barang komersial. 

Cargo laut via Kapal Pelni melayani pengangkutan paket barang seperti: dry container, pengiriman kendaraan dan general cargo. Selain itu ada juga layanan penyewaan kapal angkutan komersial. 

Pengangkutan barang komersial dengan Kapal Pelni meliputi berbagai jenis paket pengiriman yaitu: Red Pack, Dry Container,  General Cargo dan Angkutan Kendaraan. 

Red Pack merupakan pengiriman dengan dimensi rata-rata 100cm x 50cm x 50cm atau jika menggunakan satuan berat aktual maksimal 120 kg. 

Sedangkan Dry Container adalah jenis pengiriman dengan container berkapasitas 20 TEUs (20 feet). Pengiriman Dry Container sendiri memiliki tujuan ke seluruh pelabuhan yang disinggahi Kapal Pelni. 

Berikutnya ada General Cargo. Ini merupakan pengiriman via Kapal Pelni yang berisi muatan curah. Tujuan pengiriman keseluruh pelabuhan di Indonesia. 

Yang terakhir yaitu cargo laut angkutan kendaraan. Layanan via Kapal Pelni yang satu ini mencakup pengiriman kendaraan roda dua, roda empat atau lebih. Pengirimannya sendiri mencakup tujuan pelabuhan seluruh Indonesia menggunakan Kapal Pelni type 3 in 1. 

Ekspedisi Cargo Laut via Kapal Roro

Kapal Roro mempunyai banyak kelebihan seperti kapasitas yang lebih besar untuk angkutan cargo serta memiliki alat khusus untuk bongkar muat barang. Kapal Roro juga pilihan tepat untuk pengiriman berbagai jenis kendaraan R2, R4 atau lebih. 

Sejauh ini pengiriman cargo laut via Kapal Roro juga handal untuk pendistribusian alat berat ke lokasi-lokasi tertentu bahkan hingga daerah terpencil. Ini sekaligus menjadi nilai plus Kapal Roro selain tarif pengiriman yang lebih terjangkau. 

Baik Kapal Pelni maupun Kapal Roro menjadi dua armada andalan semua perusahaan yang tergabung dalam Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) termasuk Cargonesia Express. 

Sampai saat ini Cargonesia Express tetap konsisten memprioritaskan layanan terbaik untuk customer baik perorangan maupun perusahaan distributor. Salah satu layanan terbaik Cargonesia adalah port to door.

Port to door service adalah layanan yang memungkinkan customer hanya mengantarkan barang yang akan dikirimkan ke pelabuhan asal. Selanjutnya Cargonesia Express akan mengirimkan ke pelabuhan tujuan. Setelah sampai pelabuhan tujuan barang kiriman akan diantarkan langsung ke alamat penerima menggunakan alat transportasi darat yang sesuai. 

Cargonesia Express menawarkan pilihan pengiriman antar provinsi dan antar pulau dengan beberapa metode. Selain port to door ada juga layanan port to port dan door to door. 

Jadi mana layanan pilihan Anda? Apapun pilihannya silakan hubungi Customer Service Cargonesia Express karena Anda akan mendapatkan info lebih lengkap terkait jadwal ekspedisi laut ke seluruh pelabuhan di Indonesia, layanan terbaik, dan tentunya tarif yang kompetitif.  

error: Content is protected !!