Di dunia ekspedisi ada banyak istilah yang merujuk pada istilah-istilah asing. Contoh yang paling sering kita dengar yaitu door to door dan port to port. 

Bagi pelaku bisnis terutama yang sering terlibat dalam aktivitas pengiriman barang sangat penting mengenal dan memahami istilah-istilah tersebut. Jika berbagai ‘bahasa ekspedisi’ tersebut sudah dipahami tentunya semakin mudah melakukan aktivitas pengiriman dan penerimaan barang termasuk dalam kegiatan eksport import.

Seperti yang disebutkan diawal, cukup banyak istilah dalam dunia ekspedisi yang perlu dipelajari. Namun untuk kali ini kita akan membahas dua istilah yang paling sering digunakan yaitu door to door dan port to port. 

Pengertian door to door

Door to door sebenarnya merupakan istilah umum yang sering digunakan di berbagai kesempatan. Dengan kata lain penggunaan istilah yang berarti ‘dari pintu ke pintu’ ini tergantung dari jenis aktivitas apa yang dilakukan sehingga definisinya cenderung sangat luas. Kendati demikian di dunia ekspedisi door to door memiliki arti yang lebih spesifik. 

Umumnya setiap perusahaan jasa ekspedisi menyediakan berbagai pilihan layanan pengiriman. Layanan yang dimaksud tentu saja merupakan layanan antar secara langsung ke tujuan pengiriman.

Zaman dulu proses pengiriman cukup memakan waktu, misalnya pengirim harus mengantar sendiri barang yang akan dikirimkan ke agen terdekat. Namun saat ini layanan ekspedisi semakin berkembang dimana untuk jumlah atau ukuran barang tertentu, pihak agen sudah menyediakan layanan jemput barang. Dengan kata lain pengirim tidak perlu repot mengantar barang ke agen yang dimaksud.

Di kalangan perusahaan jasa ekspedisi, door to door adalah layanan pengiriman paling lazim dan banyak digunakan. Secara spesifik door to door artinya barang yang akan dikirimkan dijemput oleh agen ekspedisi di alamat pengirim. Setelah sampai di tujuan selanjutnya kurir akan mengantar barang tadi ke alamat penerima. 

Layanan door to door sendiri memungkinkan bagi customer untuk mengirimkan barang dalam partai kecil (dibawah 20 kg) dan partai besar (diatas 20 kg) atau disebut layanan cargo.

Lebih Efektif dan Efisien dari Segi Waktu

Beberapa kurun waktu terakhir door to door service lebih banyak diminati pengguna jasa ekspedisi karena dinilai lebih efektif dan efisien terutama dari segi waktu. Meskipun untuk menikmati layanan ini umumnya customer harus mengeluarkan biaya lebih mahal dibanding tarif layanan lainnya. 

Secara garis besar layanan door to door ini lebih direkomendasikan untuk costumer yang sibuk atau tidak memiliki waktu luang untuk mengantar barang ke agen atau kantor perusahaan jasa ekspedisi. Perlu diketahui juga bahwa saat ini ada beberapa perusahaan ekspedisi yang menyediakan layanan jemput barang gratis (free pick up) untuk penjemputan barang radius tertentu.

Pengertian Port to Port

Bisa dikatakan port to port adalah layanan pengiriman kebalikan dari door to door. Disebut demikian karena layanan ini umumnya menyasar target customer yang menginginkan tarif lebih murah. Seperti kita tahu bahwa budget pengiriman termasuk elemen penting yang biasanya dipertimbangkan oleh customer. Dengan demikian jika budget memang terbatas port to port bisa menjadi solusinya.

Pengertian secara singkat, port to port artinya pengirim harus mengantar sendiri barang yang akan dikirimkan ke kantor perusahaan ekspedisi atau ke agen / gudang ekspedisi di pelabuhan atau tempat yang ditunjuk. Selanjutnya setelah sampai di kota tujuan, penerima harus mengambil sendiri barang tersebut di pelabuhan / agen yang ditunjuk atau ditempat sesuai kesepakatan. 

Kurang Efisien dari Segi Waktu

Tak sedikit pengguna jasa ekspedisi baik pengirim maupun penerima yang kerepotan dengan layanan port to port. Hal tersebut bukan tanpa alasan terlebih pengirim harus mengantar sendiri barang ke agen atau perusahaan ekspedisi dan penerima harus menjemput barang di kota tujuan. 

Dari penjelasan diatas bisa dipastikan bahwa layanan port to port kurang efisien dari segi waktu. Sebaliknya dari segi biaya cukup efektif karena lebih murah. Namun demikian perlu dipertimbangkan sebelum memilih layanan ini karena customer juga harus memperhitungkan seluruh biaya transportasi baik ketika mengantar ataupun saat menjemput barang. Terlebih untuk barang dalam partai besar. 

Perbedaan Door to Door dan Port to Port

Dari pengertian door to door dan port to port diatas dapat dipahami bahwa kedua layanan ini merupakan layanan yang bertolak belakang dari segi waktu dan biaya. 

Door to door lebih efisien waktu namun memerlukan ongkos kirim lebih besar. Sebaliknya port to port lebih efektif dalam hal tarif karena lebih murah, namun kurang efisien dari segi waktu karena barang harus diantar dan dijemput sendiri. Lantas mana yang harus dipilih?

Memilih layanan door to door atau port to port tentu harus disesuaikan dengan tingkat urgency barang juga yang tak kalah penting adalah budget yang tersedia. Budget pengiriman masuk list biaya operasional yang berimbas langsung pada kondisi finansial seseorang atau perusahaan. Jadi apakah layanan door to door atau port to port yang dipilih tentu tergantung dari budget yang disediakan.

Gratis Jemput Barang untuk Layanan Door to Door di Cargonesia Express

Sejak awal berdiri sebagai perusahaan jasa ekspedisi di jakarta, Cargonesia Express memiliki komitmen untuk memberikan layanan maksimal kepada customer. Termasuk salah satunya layanan door to door. 

Perlu diketahui selain door to door Cargonesia Express juga menawarkan layanan lain seperti port to port, door to port, dan port to door. Masing-masing layanan tersebut memiliki prosedur pengiriman dan biaya yang berbeda.

Khusus untuk layanan door to door sendiri Cargonesia Express menawarkan penjemputan barang secara gratis tanpa dipungut biaya. Free pick up ini berlaku untuk pengiriman dari wilayah Depok, Tangerang, Bekasi, dan tentu saja Jakarta. Ada penyesuaian tarif pick up untuk penjemputan di luar wilayah tersebut.

Layanan jemput barang gratis ini dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi bagi semua pelanggan yang sejauh ini sudah menaruh kepercayaan penuh terhadap Cargonesia Express.

Layanan Door to Door ke Seluruh Wilayah Indonesia

Adapun layanan door to door, port to port dan layanan sejenis yang disediakan Cargonesia Express berlaku untuk pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Dengan kata lain door to door service tidak hanya berlaku untuk pengiriman antar kota namun juga antar provinsi dan antar pulau.

Layanan door to door sendiri berlaku untuk pengiriman semua jenis barang baik yang didistribusikan via jalur darat (trucking) maupun jalur laut (cargo container). Tak hanya layanan door to door dan jemput barang gratis namun Cargonesia Express juga menyediakan asuransi gratis untuk semua metode pengiriman (S&K berlaku).

Anda butuh layanan door to door, port to port atau layanan pengiriman simple dengan harga terbaik lainnya? Customer Service Cargonesia Express siap memberikan informasi lebih lengkap terkait tarif, jadwal, dan estimasi waktu pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia. 

error: Content is protected !!