Jasa Ekspedisi Jakarta Ke Maluku Via Kapal Cepat Pelni & Cargo Container

Ekspedisi Cargo Jakarta Maluku Via Kapal Cepat Pelni & Cargo Container. Kirim Barang Murah Ke Ambon, Ternate, Halmahera, Pulau Seram, Dan Wilayah Maluku Lainnya.

Jasa Ekspedisi Jakarta Maluku Via Cargo Laut

Ekspedisi Jakarta Maluku – Terletak di bagian timur Indonesia, Kepulauan Maluku memiliki 2 provinsi yaitu Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara. Maluku Utara sendiri merupakan wilayah pemekaran Provinsi Maluku. Kedua provinsi tersebut memiliki 21 daerah otonom mencakup daerah otonom kota dan daerah otonom kabupaten. 

Seperti provinsi di Indonesia Timur lainnya, pertumbuhan ekonomi di Provinsi Maluku berkembang cukup pesat. Selain berkembang di sektor industri dan pariwisata, saat ini kota-kota di Maluku juga menjadi pusat perdagangan. Hal ini bisa dibuktikan dengan meningkatnya intensitas ekspedisi ke Maluku yang signifikan. 

Jika membahas ekspedisi Jakarta ke Maluku lebih rinci setidaknya ada 2 kota yang menjadi sentra perdagangan di Maluku yaitu Kota Ambon dan Ternate. Dengan kata lain dua kota tersebut menjadi tujuan jasa ekspedisi sebelum didistribusikan ke kota-kota lain di Maluku.

Jasa Ekspedisi Murah Jakarta ke Maluku

Selain ekspedisi Jakarta Bali dan Papua, Cargonesia Express juga menyediakan jasa ekspedisi ke Maluku. Jangkauan pengiriman mencakup seluruh kota di Maluku baik Provinsi Maluku maupun Maluku Utara. 

Kota-kota tujuan pengiriman ke Provinsi Maluku (port Ambon) yaitu: Ambon, Tual, Langgur, Dobo, Tiakur, Masohi, Saumlaki, Manlea, Namrole, Pulau Kei Kecil, Pulai Kei Besar, Dullah, Seram dan Tanimbar.

Sedangkan untuk kota-kota tujuan pengiriman ke Provinsi Maluku Utara (port Ternate) yaitu:  Ternate, Sofifi, Tidore, Jailolo, Tobelo, Weda, Labuha, Maba, Sanana, Daruba, Bobong, Pulau Bacan, Wasile dan Morotai. 

Berdasarkan pertimbangan jarak dan waktu tempuh, pengiriman ke beberapa kota / kabupaten diatas berlaku tarif berbeda. Misalnya tarif ekspedisi ke Provinsi Maluku mulai dari Rp 8.000/kg. sedangkan tarif cargo ke Maluku Utara mulai dari Rp 8.500/kg. 

Ongkos kirim ke Maluku ini berlaku untuk berat barang minimal 100 kg. Namun demikian untuk beberapa kota tertentu pengiriman minimal 100 kg – 250 kg. Adapun proses pengirimannya menggunakan jalur cargo laut via Cargo Container dan kapal Pelni.

Pengiriman Cepat via Cargo Container dan Kapal Pelni

Jika ekspedisi Jakarta Sulawesi lebih didominasi Kapal Roro, maka untuk pengiriman ke Maluku lebih banyak menggunakan kapal cargo container dan Kapal Pelni. Dari estimasi waktu Kapal Pelni lebih cepat dibanding Kapal Roro. Namun demikian tarifnya sedikit lebih mahal.

Jika pengiriman menggunakan Cargo Container, barang kiriman (termasuk mobil dan motor) dimasukkan ke dalam container yang memiliki kapasitas tertentu. Ada 2 ukuran container yang digunakan yaitu ukuran 20 feet dan 40 feet. Untuk modelnya juga ada 2 jenis yaitu container open top dan container flat track. Selain ke Maluku Cargo Container juga digunakan untuk jalur distribusi ke Pulau Sumatera, Kalimantan, Papua dan lain-lain.  

Sedangkan armada untuk ekspedisi Jakarta Maluku yang kedua yaitu Kapal Pelni. Seperti yang sering dibahas bahwa Kapal ini merupakan jenis kapal cepat yang cukup efektif untuk memfasilitasi pengiriman ekspedisi. Keunggulan kapal ini lebih cepat dibanding jenis kapal lain meskipun dari sisi biaya lebih mahal. Penanganan ekspedisi via kapal Pelni yaitu menggunakan sistem FCL dan LCL. Apa FCL dan LCL?

FCL / Full Container Loaded

Ini merupakan istilah pengiriman dimana customer menyewa secara penuh satu atau lebih container untuk mengirimkan barang. Dengan sendirinya ekspedisi dengan FCL lebih ideal untuk pengiriman dalam jumlah besar. Adapun pilihan ukuran container yaitu 20 feet dan 40 feet (tergantung kebutuhan). 

Selain secara kapasitas lebih efektif menampung banyak barang, ada beberapa alasan customer perlu menyewa container secara penuh. Umumnya FCL dipilih untuk mengangkut barang yang rentan mengalami kerusakan dan mudah terbakar. Jika menyewa satu container penuh maka jika terjadi hal-hal yang tidak dikehendaki lebih mudah penanganannya. 

FCL sendiri banyak digunakan untuk memuat jenis-jenis bahan seperti: ikan segar, buah, frozen food, sayur dan bahan sejenis yang memerlukan pengaturan suhu tertentu. Pengiriman minyak kelapa dan sekam arang kebanyakan juga menggunakan sistem FCL.

LCL / Less-than Container Loaded

Kebalikan dari FCL, LCL (Less-than container loaded) merupakan istilah ekspedisi untuk muatan container skala kecil. Artinya dalam satu container diisi berbagai jenis barang dari beberapa pengirim. Atau bisa disebut penggabungan berbagai macam barang dari banyak pengirim. Dari segi biaya LCL lebih murah dibanding FCL. 

Ekspedisi Jakarta Maluku Gratis Asuransi

Cargonesia Express menawarkan gratis asuransi untuk ekspedisi Jakarta ke Maluku dengan ketentuan untuk nilai barang dibawah Rp 50 juta. Lebih dari nominal tersebut berlaku premi 0,25% dari nilai barang. Satu lagi, Cargonesia juga menyediakan pick up (jemput barang) gratis bagi customer di area Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi. Biaya pick up berlaku untuk kota-kota diluar 4 kota tersebut. 

Silakan hubungi customer service Cargonesia Express jika Anda membutuhkan informasi terkait pengiriman murah ke Maluku secara lengkap. 

Untuk info lebih detail untuk pengiriman ke Maluku bisa mengunjungi :

Ekspedisi Ke Maluku

Butuh Info Ongkos Kirim Ekspedisi Jakarta Ke Maluku ?

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

Barang yang sering dikirim

Motor, Mobil, Material Konstruksi (Kaca, Semen, Besi, Cat), Bahan Kimia, Peralatan Laboratorium, Alkes (Alat Kesehatan), Obat obatan,  Kabel Haspel / Fiber Optik, Konveksi & Tekstile (T Shirt, Kaos, Baju seragam ), Barang kebutuhan Industri (Water Treatment, Tabung, UPS, Panel Listrik, Panel Surya / Solar Cell, Server, Oli, Genset, Valve, Barang Percetakan), Furniture, Peralatan Safety, Pipa Besi, Pupuk, Barang Promosi, Alat Elektronik Rumah Tangga (Kulkas, AC, TV, Komputer, Mesin Cuci), Mesin & Spare Part ( Alat Berat, Excavator, Forklift, Stone Crusher, Mesin Pabrik, Mesin Traktor, Alat Pertanian, Mesin Pompa, Seal Mechanical), Tower.

Cara menghitung berat volume barang kiriman

Sebelum memutuskan mengirim barang tentu sangat penting bagi anda memperhitungkan budget pengiriman, maka dari itu hal penting yang harus anda ketahui adalah mengetahui berat atau volume pengiriman anda nantinya yang akan dikalikan dengan tarif pengiriman atau ongkos kirim.

Sebagian orang tentu hanya mengetahui bahwa berat yang diambil yaitu berat actual hasil alat timbangan akan tetapi untuk pengiriman cargo juga dihitung volume barangnya, hal tersebut dikarenakan ada beberapa jenis barang yang volumenya besar dan memakan tempat akan tetapi untuk beratnya sangatlah ringan seperti contoh yaitu lemari kulkas, mesin cuci, dan juga kasur.

Adapun perhitungan akan diambil nilai terbesar antara berat actual (Kg) dan volume (Kgv), untuk rumus perhitungan volume sendiri yaitu :

Panjang (cm) x Lebar (cm) x Tinggi (cm) / 4000 = ….Kgv

Perhitungan berikut merupakan perhitungan final, jika misalnya barang anda memerlukan packing estimasi dimensi tentunya akan ditambahkan 8cm tiap sisinya sesuai dengan ukuran kayu yang digunakan untuk packing.

Cara mengetahui estimasi biaya packing

Selain mengetahui estimasi berat dan volume, penting juga bagi anda yang memiliki barang riskan untuk mengetahui estimasi biaya packing pengiriman.

Perhitungan estimasi biaya packing bisa didapatkan dari rumus Est. Volume x Rp. 2000. Tetapi untuk biaya packing sifatnya opsional dan negotiable jadi jika anda memiliki barang yang besar anda tidak perlu khawatir untuk negosiasi packing kepada kami.

Untuk lebih detailnya anda bisa menggunakan kalkulator cargo untuk mengetahui estimasi berat dan juga biaya packing, pastikan bahwa hitungan tersebut adalah hitungan 1 unit/koli barang.

Kenapa Harus Pilih Cargonesia?

Gratis Jemput Barang Bikin Kamu Gausah Ribet Keluar Rumah Dan Lebih Hemat Budget.

✅ Kirim Barang Makin Aman Dengan Gratis Asuransi Untuk Barang Dibawah 50jt.

Legalitas Perusahaan Lengkap Bikin Kamu Gak Khawatir Mau Kirim Bukan?

Gudang Luas Dan Mudah Diakses, Yuk Mampir!

error: Content is protected !!