Jasa Towing Mobil – Pengertian, Keunggulan, Harga Towing

July 18, 2022

Jasa towing memudahkan pengiriman mobil antar kota dan provinsi di Indonesia. Jasa towing Cargonesia menawarkan harga murah dan garansi keamanan kendaraan.

Jasa towing merupakan jasa angkutan mobil/motor untuk pengiriman antar kota hingga antar pulau dan provinsi. Jasa towing bisa dimanfaatkan pada kondisi tertentu, misalnya untuk kebutuhan pindahan, acara komunitas, hingga kendaraan mogok.

Proses angkutan menggunakan mobil truk jenis standar maupun flat hidrolik untuk mengangkut mobil atau motor. Umumnya proses towing hanya bisa untuk 1 unit kendaraan saja.

Bagi Anda warga Jabodetabek, Bandung, Malang, Surabaya, Lampung, Palembang dan kota lain yang sedang mencari jasa towing murah, profesional dan berpengalaman bisa menghubungi perusahaan towing Cargonesia.

Apa itu Towing?

Pengertian towing adalah mengirim kendaraan baik motor, mobil atau kendaraan lain dengan truk. Towing juga dikenal sebagai mobil gendong, karena bentuk fisiknya seperti sedang menggendong kendaraan lain.

Kirim mobil via towing termasuk layanan yang eksklusif, karena hanya memuat 1 kendaraan saja. Angkutan towing memang diutamakan dari segi fleksibilitasnya, maka jenis mobil angkutan yang dipilih adalah truk dengan dek kecil.

Towing sanggup menembus jalan-jalan gang yang umum dilalui kendaraan mobil lainnya. Sehingga memungkinkan untuk sampai depan rumah di lokasi tujuan. Berbeda dengan car carrier yang hanya bisa jalan utama/jalan besar.

Tipe kendaraan yang memungkinkan diangkut menggunakan jasa towing diantaranya:

  • Motor
  • Mobil
  • Kendaraan Dinas
  • Alat Berat

Keunggulan Towing

Berikut beberapa keunggulan menggunakan jasa towing dibandingkan jenis angkutan lain.

  • Waktu pengiriman lebih cepat.
  • Risiko tergores kendaraan lain sangat minim, jadi lebih aman.
  • Memungkinkan lewat gang sempit, sehingga pengiriman bisa sampai depan pintu.
  • Cocok untuk pengiriman mobil mewah atau baru dari dealer, lebih elegan.
  • Tidak beresiko velg ban, kaki-kaki bengkok, atau bodi mobil lecet akibat kena alat derek atau aspal.

Perbedaan Towing Dan Derek

Meski sama-sama berfungsi untuk mengirim kendaraan, namun ada perbedaan antara towing dan derek.

Hal yang paling kentara adalah metode yang digunakan, yaitu towing meletakkan mobil pada bagian atas sedangkan derek meletakkan mobil di belakang, dengan cara di seret.

Masih ada beberapa perbedaan towing dan derek lainnya seperti dibawah ini:

Cara Mengangkut Kendaraan

Cara mengangkut towing adalah dengan menaikkan kendaraan secara keseluruhan ke atas dek mobil towing. Mobil biasanya dalam kondisi mati, rem tangan aktif dan diberi keamanan tambahan.

Sedangkan cara mengangkut kendaraan sistem derek adalah dengan memasangkan alat khusus di bagian belakang truk derek dan menyambungkannya ke mobil yang akan ditarik.

Dengan sistem derek, kondisi mobil bagian depan angkat terangkat dan menyisakan bagian belakang saja, supaya roda tetap menyentuh aspal dan berputar.

Pihak Jasa Yang Menyediakan

Pihak jasa towing umumnya merupakan milik perorangan atau perusahaan swasta. Jadi ada banyak pilihan jasa towing yang tersedia.

Anda bisa pilih berdasarkan yang terdekat dengan lokasi kendaraan atau jasa towing pilihan lainnya.

Pihak penyedia derek biasanya dikelola oleh dinas perhubungan. Pasalnya aktivitas derek biasanya menyangkut kondisi pelanggaran seperti melanggar aturan parkir, atau musibah kecelakaan di jalan tol dan jalan raya.

Jenis Mobil Angkutan

Jenis mobil yang digunakan untuk towing dan derek juga berbeda. Jasa towing umumnya menggunakan jenis mobil truk standar dengan menaikkan mobil sendiri dalam truk. Atau menggunakan jenis mobil truk yang dilengkapi hidrolik.

Sedangkan jenis truk derek biasanya sudah dilengkapi alat seperti katrol untuk menarik mobil.

Kedua jenis truk angkutan di atas bisa disesuaikan ukurannya untuk mengangkut berbagai jenis mobil. Namun truk derek akan lebih efektif untuk menarik kendaraan besar seperti truk atau bus yang mogok atau akibat insiden kecelakaan.

Kebutuhan Angkutan

Kebutuhan angkutan towing umumnya digunakan untuk kendaraan yang memang berniat untuk dipindah atau dikirim. Misalnya untuk pindahan, ikut acara touring, pameran dan lainnya.

Kebutuhan derek biasanya digunakan untuk kendaraan yang dalam kondisi tertentu, seperti pelanggaran dan keadaan darurat.

Jenis-Jenis Towing

Towing Standar/Konvensional

Mobil towing standar adalah mobil truk yang memiliki jenis dek statis atau tidak bisa digerakkan. Jenis ini yang kebanyakan sering Anda temukan di perjalanan.

Bentuk dek memiliki kemiringan lantai sekitar 30 derajat. Untuk menaikkan mobil, menggunakan dudukan jalur khusus.

Sehingga jenis mobil towing standar cocok untuk kendaraan yang punya ground clearance tinggi, alias kurang cocok untuk jenis mobil sedan atau mobil ceper.

Towing Flat deck Hidrolik

Mobil towing flat deck hidrolik merupakan jenis mobil towing yang punya lantai rata dan dukungan sistem hidrolik.

Proses menaikkan mobil cukup mudah. karena dek bisa diletakkan di lantai/aspal, setelah mobil berada di atas dek tersebut, lalu diangkat secara otomatis menggunakan hidrolik.

Jenis towing deck hidrolik ini cocok untuk kendaraan yang punya ground clearance rendah, seperti mobil sedan dan mobil ceper lainnya.

Keunggulannya selain lebih mudah, juga lebih aman, karena tidak khawatir slip saat menaikkan dan menurunkan kendaraan.

Towing Multi Car Carrier

Towing multi car carrier sesuai namanya adalah jenis towing yang memuat lebih hingga 5-6 unit mobil. Layanan ini lebih dikenal dengan sebutan car carrier.

Karena ukuran truk yang lebih besar, jenis truk ini juga bisa untuk angkut alat berat atau kendaraan dinas TNI/Polri.

Jadi penggunaan kendaraan untuk towing disesuaikan dengan kebutuhan kendaraannya.

Biaya Atau Harga Towing Mobil

Harga Towing Mobil Dalam Kota

Biaya atau harga towing mobil berbeda-beda sesuai dengan jenis mobil truk yang digunakan dan lokasi tujuan pengiriman.

Ada jasa towing mobil yang membebankan biaya sesuai jarak lokasi, ada yang berdasarkan regional wilayah dan faktor lainnya. Sekedar informasi harga towing mobil antar kota biasanya dibanderol mulai dari Rp 700 ribu – 1 juta.

Harga Towing Mobil Luar Kota

Semakin jauh jarak dan risiko tentu mengalami penyesuaian harga. Harga towing mobil standar adalah berkisar mulai dari Rp 3,5 juta untuk kota dekat. Biaya tersebut umumnya sudah termasuk tol dan bahan bakar, namun belum termasuk asuransi atau biaya jika alamat tujuan masih terlalu jauh dari kota.

Harga towing juga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan harga bahan bakar, musim liburan & mudik, dan juga keadaan jalan dikarenakan bencana alam dan lainnya.

Jasa Towing dari Cargonesia Express

Cargonesia merupakan perusahaan ekspedisi yang menyediakan jasa kirim barang besar dan berat, diantaranya jasa towing mobil.

Rute pengiriman Cargonesia meliputi seluruh wilayah di Indonesia. Perusahaan kami juga banyak berkesempatan sebagai partner pengiriman oleh komunitas mobil atau motor untuk mengirimkan kendaraan mereka dalam kegiatan acara organisasi di luar kota atau provinsi.

Metode pengiriman bisa via darat dan laut menggunakan kapal roro atau kapal pelni. Anda cukup melengkapi administrasi dan informasi pengiriman. Maka mobil akan dikirim dengan aman dan cepat.

Mengirim kendaraan seperti mobil dan motor yang punya nilai besar juga harus dilakukan oleh profesional. Perusahaan Cargonesia telah bekerjasama dengan pihak asuransi, untuk memastikan pengiriman mobil terlindungi.

Kelebihan Jasa Towing Cargonesia

Proses Mudah

Proses kirim mobil dengan jasa towing Cargonesia sangat mudah. Anda cukup menghubungi CS kami, lalu melengkapi informasi pengiriman yang dibutuhkan.

Misalnya nama pengirim, jenis kendaraan, waktu penjemputan dan keberangkatan dan sejenisnya.

Tim kami akan segera memberikan informasi jadwal pengiriman.

Harga Termurah

Harga towing mobil di Jakarta hanya Rp 750 ribuan. Harga tersebut sudah termasuk ongkos tol dan bahan bakar, jadi Anda tidak perlu menambah biaya apapun lagi.

Harga lebih lengkap bisa di cek pada halaman jasa pengiriman mobil.

Perusahaan Legal

Cargonesia merupakan perusahaan legal resmi sebagai perusahaan ekspedisi dan jasa pengiriman barang besar dan berat.

Dokumen Sederhana

Dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat pengiriman juga sangat mudah, berupa FC KTP dan FC STNK dengan menunjukkan surat yang asli.

Pengiriman Cepat

Proses pengiriman cepat, karena kami memiliki jaringan pengiriman luas. Tidak butuh waktu lama, dari proses pendaftaran, mobil / motor Anda bisa segera dikirimkan.

Kirim mobil antar kota dan provinsi sesama Pulau Jawa hanya membutuhkan waktu 1-2 hari saja. Sedangkan antar provinsi dan pulau luar Jawa mulai dari 2-3 hari sampai.

Fasilitas Door to Door

Anda juga bisa mendapatkan fasilitas gratis penjemputan sampai depan pintu door to door, sehingga tidak perlu repot antar mobil sendiri.

Fasilitas ini memudahkan bagi Anda yang bekerja, atau sedang berada di luar daerah.

Gratis Penjemputan

Anda bisa mendapatkan gratis penjemputan untuk daerah Jabodetabek tanpa syarat apapun.

Tim Profesional

Tim yang terdiri dari driver dan petugas terkait lain merupakan orang-orang yang bersertifikasi. Tim kami rutin mendapat training terkait profesi pengiriman, supaya semakin profesional dan up to date.

Semua dilakukan oleh tim Cargonesia, jadi keamananya pasti terjamin.

SOP Maksimal

Keunggulan lain jasa towing mobil dari Cargonesia adalah SOP yang maksimal. Misalnya untuk rute luar kota, mobil akan dikemas dengan plastik bening dan ditutup menggunakan cover khusus mobil.

Dukungan Asuransi Premi Rendah

Asuransi sangat penting dalam pengiriman kendaraan. Kabar baiknya, Cargonesia hanya menetapkan premi asuransi 0.25% saja, dari total harga mobil.

Jika terjadi kerusakan atau mengajukan klaim bisa dilakukan dengan mudah dan jumlah ganti rugi yang sepadan.

Penyimpanan Gudang

Cargonesia memiliki fasilitas gudang penyimpanan yang berfungsi sebagai tempat transit kendaraan yang akan dikirim.

Misalnya saat menunggu jadwal kapal, untuk pengiriman antar pulau. Mobil akan disimpan di gudang milik Cargonesia, sehingga lebih aman.

Tips Pengiriman Mobil Dengan Jasa Towing

Untuk menghindari dan meminimalisir resiko pengiriman mobil dengan towing, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

  • Pastikan tidak ada barang-barang berharga di dalam mobil yang tertinggal.
  • Mengecek bagian kelistrikan mobil, seperti kabel dan aki supaya tidak terjadi konsleting.
  • Mengecek bagian tabung bahan bakar, supaya tidak ada yang rembes atau bocor.
  • Menyalin dokumen pengiriman barang, untuk antisipasi kehilangan dokumen.
  • Mendokumentasikan mobil sebelum dan sesudah pengiriman.
  • Memastikan kelengkapan dan aksesoris mobil yang terdapat pada daftar list pengecekan mobil.
  • Mendaftar asuransi untuk perlindungan tambahan dan kenyamanan pengiriman.
5/5 - (49 votes)

Cargonesia Express

Related Posts

Jasa Packing Kayu Untuk Pengiriman Anda

Jasa Packing Kayu Untuk Pengiriman Anda

Jasa Packing Kayu Untuk Pengiriman AndaDalam pengiriman barang, perihal packing merupakan satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena packing menjadi penentu untuk keamanan dan penjagaan barang yang dikirim agar tetap aman dan tak rusak selama perjalanan...

Daftar Nama Pelabuhan Di Indonesia Lengkap

Daftar Nama Pelabuhan Di Indonesia Lengkap

Indonesia merupakan negara maritim dengan ratusan pulau yang tersebar di pelosok negeri, maka dari itu dibutuhkan transportasi untuk menghubungkan laju perekonomian yang mana salah satunya yaitu transportasi laut dengan penghubung antar pelabuhan. Pelabuhan juga...

Comments

0 Comments

error: Content is protected !!